Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Marketplace Online di Indonesia

Fakta Menarik Marketplace Online di Indonesia

Fakta menarik marketplace online di Indonesia perlu Anda ketahui dengan jelas untuk melihat prospek dan juga manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya. Marketplace online merupakan salah satu e-commerce atau transaksi perdagangan online. Dalam beberapa kurun waktu terakhir, marketplace online menjadi salah satu bisnis besar di Indonesia.

Banyak sekali pembeli dan penjual yang melakukan transaksi perdagangan menggunakan marketplace online. Sehingga aktifitas jual beli secara online meningkat sangat pesat. Bahkan Anda mungkin saja adalah salah satu orang dari sekian banyaknya pengguna marketplace online, yang juga sering melakukan transaksi jual beli online.

Ada beberapa fakta menarik marketplace online di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Mulai dari fakta tentang pengertian, jenis, dan juga contoh marketplace online. Yuk, simak ulasan berikut ini dengan jelas dan lengkap untuk mengetahui beberapa fakta menarik marketplace online.

Pengertian Marketplace Online di Indonesia

Marketplace online saat ini sedang mengalami peningkatan pengguna dan juga aktifitas penjualan yang cukup tinggi. Sehingga menjadi salah satu lapang pekerjaan tersendiri bagi para pedagang online di dunia maya. Berikut ini pengertian marketplace online yang perlu Anda pahami.

Definisi Marketplace Online di Indonesia

Apakah Anda sudah mengetahui dengan jelas apa itu marketplace online? Atau definisi dan pengertian dari marketplace online itu sendiri? Marketplace online merupakan salah satu e-commerce bisnis yang menjadi alternatif paling banyak digunakan oleh masyarakat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali orang yang memutuskan berbelanja online.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi intensitas bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga tidak mengherankan lagi jika marketplace online di Indonesia menjadi salah satu solusi yang paling tepat.

Marketplace online di Indonesia merupakan salah satu platform untuk menjadi perantara kegiatan jual beli secara online melalui internet. Platform ini juga menyediakan tempat berjualan online dan juga pembayaran digital. Dengan kata lain, platform yang menyediakan toko secara online untuk para seller.

Di marketplace online di Indonesia, para pengguna ataupun buyer bisa mencari banyak sekali barang yang diperlukan. Dengan cara mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian marketplace online. Dengan begitu, akan muncul banyak sekali toko ataupun barang yang terkait dengan kata kunci yang sudah Anda masukkan dalam kolom pencarian.

Jenis Marketplace Online di Indonesia

Setelah mengetahui definisi marketplace, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis marketplace online di Indonesia. Ada dua jenis marketplace online yang perlu Anda ketahui, yaitu marketplace murni dan marketplace konsinyasi.

1. Marketplace Online Murni

Jenis marketplace online di Indonesia yang pertama adalah marketplace murni. Jenis yang satu ini merupakan marketplace yang menyediakan store online untuk para seller. Selain itu, situs marketplace ini juga menyediakan fasilitas untuk melakukan pembayaran digital pada platform tersebut. Bahkan, marketplace ini juga memiliki keleluasaan interaksi lebih luas.

Pada jenis marketplace murni, para seller wajib memberikan informasi detail terhadap barang yang seller jual. Mulai dari deskripsi sampai dengan foto produk secara mandiri oleh para seller store online masing-masing. 

Selain itu para pembeli di marketplace murni bisa melakukan penawaran harga suatu produk sebelum melakukan transaksi jual beli. Sehingga, pembayaran bisa dilakukan setelah pihak penjual dan pembeli menemukan harga yang disetujui kedua belah pihak untuk produk tersebut.

Ada beberapa marketplace yang berasal dari Indonesia dan termasuk jenis marketplace murni. Seperti marketplace Bukalapak, Elevenia, BliBli, Tokopedia, dan lain sebagainya. Dan ada beberapa marketplace yang berasal dari negara lain dan populer di Indonesia yang menerapkan marketplace murni. Yaitu shopee, JD.ID, Lazada, Amazon, dan lain sebagainya.

2. Marketplace Online Konsinyasi

Jenis yang kedua dan terakhir ini merupakan marketplace konsinyasi yang seringkali orang kenal sebagai penitipan barang. Jika seorang seller menggunakan jenis marketplace konsinyasi, maka penjual tersebut perlu menyediakan produk dan juga detail ataupun deskripsi produk tersebut. Penyediaan produk dan deskripsi tersebut bisa diberikan pada pihak marketplace.

Setelah memberikan deskripsi dan juga stok barang, hal-hal lainnya terkait penjualan produk akan di handle dengan baik oleh pihak marketplace. Mulai dari foto produk, tempat penyimpanan, ekspedisi pengiriman sampai dengan pembayaran. 

Pada marketplace konsinyasi, pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga. Karena transaksi jual beli berhubungan langsung dengan pihak marketplace itu sendiri, bukan pihak seller pemilik produk.

Ada beberapa marketplace yang menerapkan jenis kerjasama konsinyasi. Seperti marketplace Zalora dan juga Berrybenka. Hal yang paling mencolok dari jenis marketplace ini adalah alur transaksi jual beli yang di handle langsung oleh pihak dari situs marketplace.

Contoh Marketplace Online di Indonesia

Ada beberapa contoh marketplace yang terkenal di Indonesia. Dimana marketplace berikut memiliki banyak sekali pengguna dan seringkali melakukan transaksi jual beli. Namun, beberapa contoh berikut merupakan jenis marketplace murni. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia cenderung menggunakan marketplace murni. Karena memiliki lebih banyak pengguna baik seller maupun buyer. Dengan target pemasaran yang lebih luas dari segala  usia maupun profesi dan juga menyediakan produk yang berbagai macam ragam.

1. Marketplace Online Shopee

Shopee merupakan marketplace online yang berasal dari negara Singapura namun mulai melakukan ekspansi di negara lain di Asia Tenggara. Salah satu negara yang dipilih oleh pihak Shopee adalah Indonesia. 

Marketplace online ini cukup terkenal di Indonesia, karena memberikan banyak sekali pilihan produk yang tersedia. Baik produk dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain itu, pihak Shopee seringkali mengadakan promosi yang melibatkan penyanyi ataupun selebriti dari tingkat internasional.

Salah satu girl band internasional yang menjadi brand ambassador Shopee adalah Blackpink. Dimana pihak BA melakukan promosi secara virtual untuk mengajak para penonton ataupun pengguna untuk melakukan transaksi jual beli di platform Shopee. 

Selain itu, Shopee juga seringkali memberikan penawaran menarik terkait dengan diskon harga sampai dengan voucher tertentu yang sangat menggiurkan. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang tergoda untuk melakukan checkout pada produk yang mereka inginkan ataupun butuhkan.

2. Marketplace Online Tokopedia

Platform belanja online yang selanjutnya adalah Tokopedia. Platform ini merupakan startup unicorn milik Indonesia yang mampu bersaing dengan baik di antara beberapa platform lain. Selain itu, marketplace yang satu ini juga menjalin kerja sama dengan pihak Grab dan juga Gojek. Sehingga ada beberapa fitur yang melibatkan kerjasama dengan dua pihak tersebut.

3. Marketplace Online Bukalapak

Selain Tokopedia, Bukalapak juga merupakan salah satu platform startup unicorn miliki Indonesia. marketplace yang satu ini berdiri pada tahun 2010 di daerah Jawa Barat. Dan memiliki banyak pengguna yang melakukan interaksi jual beli. Sama halnya dengan platform yang lain, platform ini juga menyediakan berbagai macam produk yang Anda butuhkan.

Bagaimana, menarik bukan beberapa fakta menarik terkait dengan marketplace? Anda bisa mulai menimbang apakah akan bertindak sebagai buyer ataupun seller pada situs platform jual beli online tersebut. Demikian ulasan singkat mengenai marketplace online di Indonesia, semoga bermanfaat.