Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Hacker Terkenal Indonesia, Ada yang Sampai Diburu FBI, Lho!

Hacker Terkenal Indonesia Sampai Diburu FBI

Dunia teknologi digital sepertinya tak dapat dipisahkan dengan kemunculan hacker. Secara umum, hacker diartikan sebagai seseorang yang melakukan sebuah tindak kejahatan dunia maya dengan menjebol komputer atau situs orang lain. Adapun menurut Wikipedia, hacker alias peretas didefinisikan sebagai orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Keberadaan hacker ini pun tersebar tanpa mengenal batasan wilayah, termasuk di Indonesia. Bahkan, beberapa hacker Indonesia juga sudah memiliki nama yang cukup dikenal, disegani, dan ditakuti di kancah internasional karena kemampuan meretasnya yang tak main-main.

Lantas, siapa saja yang terbilang sebagai hacker terkenal Indonesia?

Jim Geovedi

Tak lengkap rasanya bila membuat daftar hacker terkenal Indonesia tanpa menyebut yang satu ini. Nyatanya, kemampuan meretas Jim Geovedi bahkan membuatnya sampai dikenal di seluruh dunia. Pasalnya, dia tak hanya sekadar dapat meretas situs pemerintahan maupun beragam situs standar ‘lainnya’, tetapi hingga satelit.

Tentu bukan tanpa alasan Jim Geovedi meretas satelit. Dia pernah menjadi pembicara mengenai isu keamanan satelit yang dibahas di BBC News pada tahun 2006 lalu. Dia pun mempelajari sistem dan proses kerja satelit sehingga perangkat tersebut pun lumpuh. Seakan tidak cukup menunjukkan kemampuannya, Jim Geovedi juga bahkan mampu mengubah arah satelit yang diretasnya.

Dengan kecakapan yang dimilikinya ini, Jim mengatakan jika saja mau, dia bisa mengetahui setiap informasi yang ada di sana. Data-data penting seperti transaksi bank, percakapan pribadi, lalu lintas wilayah, dan seluruh komunikasi data lain bisa diambilnya dengan begitu mudah.

Hmei7

Satu lagi hacker Indonesia yang menarik perhatian beragam di pihak di seluruh dunia adalah Hmei7. Username ini tentu bukanlah nama aslinya, melainkan hanya sebuah nama panggung. Dia merupakan salah seorang legenda karena kemampuannya sebagai defacer telah terbukti dapat meretas ratusan ribu situs dan blog yang ada berbagai penjuru dunia. Nama Hmei7 pun sudah sering disebut di berbagai media internasional seperti Softpedia.

Kalau ilustrasi di atas tak cukup mencengangkan, mari lihat salah satu ‘pencapaian’nya. Beberapa tahun lalu, hacker yang juga mendapat gelar sebagai defacer nomor 1 di dunia oleh Zone-H tersebut dikabarkan telah berhasil melumpuhkan sebanyak 5.000 situs web yang berasal dari berbagai negara. Hebatnya lagi, hal tersebut dilakukannya hanya dalam waktu dua hari saja.

Adapun istilah defacer merupakan sebutan bagi pelaku deface. Deface adalah sebuah teknik peretasan yang bertujuan untuk mengganti tampilan situs web korban menggunakan file tertentu yang disisipkan atau diganti pada server yang dituju.

Pak Made

Walau namanya terlihat lugu, peretas yang bernama asli I Made Wiryana ini sama sekali tak naif dalam dunia cyber. Dia merupakan salah satu cyber Paspampre RI yang andal dan menjadi pawang para hacker yang berusaha menjahili situs pemerintah Indonesia. Ketika server kepresidenan sempat digempur oleh serangan DDoS, Pak Made berhasil melakukan backup server hanya dalam jangka waktu beberapa detik.

Pria berkumis ini rupanya memiliki jenjang pendidikan yang tak main-main. Dia menyelesaikan gelar sarjananya di dua tempat, yakni Universitas Indonesia untuk jurusan Fisika dan STIMIK Gunadarma untuk jurusan Manajemen. Setelah itu, Pak Made melanjutkan studi masternya di Eidith Cowan University Australia serta program doktoralnya di RVS Bielfield, Jerman.

Pak Made juga merupakan seorang dosen di salah satu universitas swasta terkemuka di Jakarta dan terbaik Indonesia. Bersama dengan Rusmanto, hacker terkenal Indonesia ini menjadi salah satu pelopor Linux di Indonesia. Hingga kini, pria yang dulunya juga merupakan seorang anak band tersebut masih aktif menulis tentang teknologi.

Surabaya Black Hat

Tahun 2018 lalu, tiga orang mahasiswa berusia awal dua puluhan tahun asal Surabaya menjadi ramai diperbincangkan. Grup hacker yang menamakan dirinya sebagai Surabaya Black Hat tersebut kabarnya telah berhasil membobol sistem perusahaan hingga pemerintah di 42 negara. Setidaknya, total korbannya mencapai 3.000.

Ketiganya berhasil diamankan oleh aparat kepolisian setempat. Namun yang lebih mengangetkan, FBI juga ikut terjun untuk mengatasi fenomena hacking ini. Bagaimana tidak? Dari data yang didapat, Surabaya Black Hat rupanya juga telah melakukan peretasan situs dan database pemerintah Los Angeles.

Teknik peretasan yang dilakukan Surabaya Black Hat adalah penetration test. Penetration test merupakan sebuah cara untuk melakukan evaluasi terhadap keamanan sebuah sistem dan jaringan komputer dengan memberikan simulasi serangan. Tes semacam ini memang cukup wajar dilakukan, tetapi harus menggunakan pemberitahuan terlebih dahulu. Alih-alih berlaku sesuai prosedur karena hanya menjadikannya dalih, Surabaya Black Hat justru menggempur situs korban dan meminta sejumlah uang sebagai tebusan.

XsvsHacker

Seperti Hmei7, identitas asli XsvsHacker hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Kendati demikian, ulahnya sudah banyak dikenal dan membuat korbannya kelabakan. Bayangkan saja, dia pernah melakukan peretasan terhadap database NYPD pada tahun 2011 lalu.

Hanya sebatas itu yang dilakukannya? Tentu saja tidak. XsvsHacker juga telah melakukan defacing di lebih dari 400 ribu situs di seluruh dunia, melakukan hacking terhadap 450 Fans Page Facebook, membobol situs presiden Israel, hingga meretas database game Zynga yang sangat populer.

Yang menarik, hingga kini belum ada pula yang dapat menemukan XsvsHacker. Dia pun belum pernah tertangkap oleh otoritas hukum negara dari mana pun dan sampai saat ini masih menjadi target yang diburu oleh pihak berwajib.

E5a_Cyb3r

Hacker dengan nama asli Erza Julian ini menjadi peretas paling muda yang berhasil menerobos situs web KPU dan mengacak-acak tampilannya. Admin KPU pun sangat kewalahan untuk mengembalikan situs yang posisinya saat krusial pada saat itu dan meminta si peretas untuk mengembalikan situs kpu.go.id kembali normal. Tak tanggung-tanggung, proses pengembalian ini dilakukan dengan menggunakan permintaan resmi dari pihak KPU.

Tidak jelas apa motif utama E5a_Cyb3r melakukan hal tersebut. Namun yang pasti, kejadian tersebut juga menjadi pukulan telak bagi tim KPU dalam menjaga keamanan situsnya.

Hakcer terkenal Indonesia ini tercatat sebagai salah satu anggota grup hacker terkenal di Indonesia, yakni Manusia Biasa Team. Seakan tak cukup, dia juga terdaftar sebagai anggota Anonymus Hacker Indonesia. Namun menurut salah satu sumber yang didapat dari wawancara dengan salah satu anggota Anonymus Hacker Indonesia, grup peretas ini tidak memiliki kaitan apa pun dengan Anonymus, yaitu kelompok hacktivis  yang dibentuk pada tahun 2003 dan kerap menggunakan topeng Guy Fawkes untuk menunjukkan kemunculannya.

Penutup

Nah, itulah beberapa peretas yang termasuk dalam daftar hacker terkenal di Indonesia. Seperti yang dapat Anda lihat, individu di baling status ‘hacker’ tersebut tak hanya berasal dari golongan tertentu saja. Sebagian ada yang masih terbilang sangat muda, sebagian sisanya juga sudah cukup berpengalaman. Selain itu, sebagian dari mereka juga ada yang mulai mempelajari hacking secara otodidak, lho!