Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Aplikasi Tersembunyi di Android

Tips Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android

Tidak sedikit orang yang mencari aplikasi tersembunyi di Android mereka sendiri. Padahal mereka sendiri pula yang menyembunyikannya namun lupa atau tidak tahu bagaimana cara melihatnya kembali. Yang mana aplikasi tersebut bukan hilang dan terhapuskan melainkan hanya tersembunyi dari Main Menu saja.

Trik ini sering digunakan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang berkepribadian tertutup dan tidak mudah percaya dengan orang lain terutama orang asing.

Beberapa orang dan mungkin Anda adalah salah satunya, kerap menyembunyikan aplikasi tertentu yang terbilang privat sehingga siapapun orang yang meminjam smartphone tersebut tidak akan menemukan aplikasi yang tersembuyi di Android. Dengan beragam alasan, entah itu privasi ataupun sekadar tidak ingin terganggu oleh adanya aplikasi khususnya aplikasi game tertentu.

Tips Mencari Aplikasi Tersembunyi di Android

Trik menyembunyikan aplikasi ini bisa jadi telah diketahui oleh anak Anda. Tentu sebagai orang tua ingin anaknya terjaga dari pergaulan yang buruk dan tetap terbuka terhadap orang tuanya. Maka orang tua pun patut tahu cara mencari aplikasi tersembunyi di Andorid anak agar anak tetap berada dalam pengawasan orang tua dan tidak melewati batas kewajaran.

Memahami Pengaturan Folder

Folder menjadi andalan seseorang untuk menyembunyikan file tertentu. Misalnya, file video dengan format MP4 yang biasanya muncul pada Galeri smartphone. File tersebut bisa saja tidak muncul pada Galeri. Caranya, yakni dengan melakukan rename format video.

Misalnya, “.MP4” diganti dengan “.XYZ”. Tentu file tersebut tidak dapat muncul pada galeri. Orang yang ingin memutarnya harus masuk ke folder yang menyimpan file tersebut. Jadi, Anda patut waspada jika galeri anak Anda tiba-tiba kosong atau terkunci.

Bukan hanya video saja, aplikasi pun demikian adanya. Aplikasi tertentu bisa direname begitu saja formatnya, yang membuat tidak dapat dioperasikan kecuali langsung membukanya pada folder yang menyimpan file tersebut.

Jadi, jangan heran jika ada teman atau orang lain yang mengeluh ke Anda, memori penyimpanannya penuh padahal galeri dan aplikasinya tidak terlalu banyak. Karena bisa jadi ada ribuan file video dan aplikasi yang ia sembunyikan dari layar utama.

Selain folder, layar utama juga menjadi tempat di mana aplikasi bertebaran. Begitu mengusap layar guna membuka lockscreen, akan muncul banyak aplikasi yang terinstal pada perangkat Android.

Jika biasanya Anda menggeser ke kanan untuk melihat aplikasi lainnya yang ada, ketahuilah bahwa ada bagian lain dari layar awal yang kerap digunakan oleh banyak pengguna sebagai cara menyembunyikan aplikasi serta mengurutkan aplikasi dan widget ke dalam grup-grup tertentu.

Menemukan Aplikasi Tersembunyi

Layar beranda Android memang menampilkan banyak aplikasi yang terpasang pada suatu perangkat namun itu bukan berarti seluruhnya dari aplikasi yang ada pada perangkat. Masih terdapat celah di mana pengguna dapat menyembunyikannya.

Jika Anda ingin melihat secara lengkap aplikasi apa saja yang terpasang, Anda bisa membuka Laci Aplikasi. Caranya, yakni dengan mengetuk ikon yang berbentuk lingkaran dengan enam titik di dalamnya pada bagian tengah bawah layar.

Seketika akan muncul lis aplikasi yang terpasang pada perangkat, urut secara abjad, baik yang ada di beranda maupun yang tidak. Namun masih ada kemungkinan mencari aplikasi tersembunyi di Android. Cobalah ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar dan ketuk ‘Sembunyikan Aplikasi’.

Selanjutnya, Anda akan melihat aplikasi-aplikasi yang telah terpilih untuk di-hidden dari beranda layar utama. Apabila tidak ada aplikasi tertentu yang menandakan aktifnya penyembunyian maka bisa dipastikan tidak ada yang tersembunyi.

Anda juga dapat mencari aplikasi tersembunyi di Android dengan mengakses menu Settings. Ketuk saja ikon yang berlogo roda gigi tersebut. Lalu pilih “Aplikasi & Notifikasi” kemudian “Lihat semua aplikasi” dan akan muncul seluruh aplikasi yang ada dalam perangkat.

Aplikasi Trick Android 

Aplikasi Trick Android menjadi salah satu hal yang harus diketahui ketika mencari aplikasi tersembunyi di Android. Mengapa? Karena aplikasi ini kerap mengecoh pengguna Android yang awam dan mudah ditipu.

Ikon dan nama aplikasi semacam ini kerap tidak sesuai dengan fungsi sebenarnya. Aplikasi Smart Hide Calculator adalah salah satunya. Aplikasi ini sekilas tampak seperti aplikasi kalkulator pada umumnya tapi jangan salah, aplikasi ini sesungguhnya adalah penyimpan file.

Kalkulator memang dapat digunakan sebagaimana pada umumnya akan tetapi ketika Anda berhasil mengetikkan kode PIN-nya, Anda akan terkejut jika aplikasi akan membukakan jati dirinya yang sebenarnya. Namun jangan khawatir. Anda bisa melakukan pengecekan intensif dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

Pertama, Anda bisa menekan ikon aplikasi lama, hingga memunculkan menu kecil. Perhatikan lingkaran kecil yang terdapat ikon huruf “i” di pojok kanan atas. Klik saja. Anda akan menyaksikan detail sesungguhnya dari aplikasi terkait. Dari mulai ukuran aplikasi sampai perihal izin pengembangannya.

Akan ada opsi ‘detail Aplikasi’ dan jika Anda mengetuknya, Anda akan dibawa menuju halaman produk aplikasi di Google Play Store. Disana Anda bisa membaca dan mengulik informasi resmi secara menyeluruh mengenai aplikasi tersebut, termasuk ulasan dan komentar dari pengguna aplikasi lainnya.

Aplikasi Web

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Web? Aplikasi web adalah jenis aplikasi yang tidak mengharuskan penggunanya untuk mengakses aplikasi hanya dari aplikasi formal saja melainkan juga bisa diakses melalui browser web.

Aplikas-aplikasi media sosial termasuk dalam golongan ini. Sebut saja Facebook, Twitter sampai Instagram. Kita tidak harus mengunduh aplikasinya untuk bisa menggunakannya. Cukup dengan mengunjungi browser web pada ponsel atau perangkat seluler lainnya lalu masuk ke situs web aplikasi.

Mudah. Tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi yang memakan memori penyimpanan telepon. Asal tidak lupa email dan password akun, Anda bisa mengaksesnya di mana saja. Mau di Android, laptop atau PC sekalipun.

Fleksibilitas fungsional dari aplikasi-aplikasi tersebut tentu memudahkan mobilitas penggunanya dalam hal akses keterjangkauan. Namun hal tersebut juga menjadi bumerang tersendiri. Tidak jarang juga orang yang bermain Facebook di warnet atau laptop kawan, justru kehilangan akunnya atau bahkan dibajak untuk hal-hal sejenis cyberbrime yang dapat merugikan pemilik akun aslinya.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya, keteledoran pengguna yang lupa untuk ‘log out’ dari perangkat lain setelah menggunakannya. Akibatnya, akun tersebut dapat diakses orang lain karena belum Anda keluarkan secara resmi.

Anda dapat meminimalisirnya dengan membuka akun pada perangkat Anda sendiri dan langsung mengubah kata sandinya dengan kata sandi yang baru. Namun pastikan email konfirmasi kode pengubahan password, bisa Anda akses sehingga akun Anda akan selamat dari bahaya pembajakan dan kejahatan siber lainnya.

Membongkar aplikasi yang tersembunyi di Android, memang bukan perkara mudah. Perlu kesabaran dan keuletan dalam melakukannya. Serta pemahaman yang lebih akan sistematika perangkat lunak smartphone. Melakukannya pun harus ekstra hati-hati sebab risiko kehilangan data dan dicurigai pemilik Android pun bisa menjadi sebuah keniscayaan, apalagi itu adalah HP anak Anda sendiri.