Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Mengatasi Hotspot Iphone Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Hotspot Iphone Tidak Berfungsi

Hotspot iPhone tidak berfungsi menjadi kendala yang tidak jarang terjadi pada para pengguna iPhone. Anda tidak sendiri, banyak orang juga mengalami kendala yang sama. Masalah jaringan memang sudah seperti masalah umum di dunia penambatan smartphone.

Apabila iPhone Anda gagal menghidupkan hotspot pribadi Anda, hotspot iPhone Anda tidak dapat ditemukan. Selain itu, ada juga potensi Anda menghadapi masalah hotspot lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki hotspot iPhone tidak berfungsi.

Penambatan Aktif

Anda mungkin yakin telah mengaktifkan penambatan di pengaturan iPhone Anda tetapi Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda dengan tidak sengaja telah mematikannya melalui Pusat Kontrol. Atau bisa jadi, proses updating iOS telah menonaktifkannya tanpa sepengetahuan Anda. Hotspot iPhone tidak berfungsi dan tidak akan ditemukan bila Anda tidak menyalakannya.

Anda bisa mengecek apakah hotspot pribadi Anda telah diaktifkan atau belum dengan langkah-langkah berikut ini. Pertama, buka Settings. Lalu pilih Cellular. Kemudian akan ada opsi Personal Hotspot dan pastikan sakelar sudah berada dalam posisi Aktif/Nyala.

Akan ada pesan bertuliskan “Now Discoverable” di bawahnya beserta  nama jaringan hotspot Anda yang telah Anda buat, yang mana nama hotspot akan mencerminkan nama perangkat Anda namun nama ini masih bisa Anda ubah nantinya. Apabila sedang tidak diaktifkan, Anda bisa menggunakan fitur hotspot juga.

Ketika Anda masuk ke pengaturan hotspot, Anda harus pastikan bahwa password pada hotspot Anda benar. Password ini bisa diubah sewaktu-waktu dengan mengetuk Kata Sandi Wi-Fi.

Kendala Ketiadaan Pengaturan Penambatan

Pada beberapa kasus, terdapat sejumlah operator yang memilih mematikan penambatan pada perangkat mereka dengan alasan yang sangat beraneka ragam. Problem yang kerap ditemui terdapat pada perangkat terkunci yang dibeli langsung lewat toko operator namu bisa juga terjadi pada tablet atau ponsel yang tidak terkunci.

Problematika semacam ini memiliki beragam variasi teknis untuk diketahui dan dipecahkan. Tentu Anda pernah menjumpai bahwa opsi tethering sepenuhnya berwarna abu-abu pada menu Pengaturan. Atau Anda pernah mendapati pesan berbunyi “Untuk mengaktifkan hotspot pribadi pada akun ini, hubungi [operator]” yang muncul pada layar smartphone dan tanda roda berputar di sampingnya.

Untuk fixing kasus tersebut, Anda bisa melakukan quick search pada FAQ operator yang sering juga dapat menyelesaikan masalah. Bisa jadi, solusi yang diperlukan sangat simpel. Sesimpel mengirim SMS ke operator Anda untuk mengaktifkan pengaturan.

Penyebab lain juga bisa dikarenakan oleh hilangnya Data APN. Anda bisa menginputkan kode yang Anda ketahui pada APN Settings. Caranya, pertama masuk ke menu Settings, lalu Cellular dan pilih Cellular Data Options. Akan ada opsi Cellular Network, klik dan Anda akan menjumpai APN Settings.

Selain itu, operator juga memiliki kemungkinan bahwa dialah yang telah menonaktifkan opsi pada akun Anda secara permanen. Anda bisa menghubungi tim dukungan operator Anda untuk informasi lebih lanjut dan menyampaikan keluhan dan permasalahannya.

Mode Pesawat

Cara lama yang sering dikatakan kuno namun tak jarang manjur adalah dengan menghidupkan dan mematikan perangkat Anda secara berulang apabila hotspot iPhone tidak berfungsi.

Cara lain yang lebih cepat, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat pada perangkat Anda. Tunggu selama beberapa saat, sekitar 10-15 detik saja. Lalu matikan mode pesawat dan kembali ke mode normal perangkat lagi.

Kemungkinan lain yang cukup potensial adalah bukan saja dengan iPhone Anda namun juga sangkut paut dengan perangkat lain. Anda bisa mengaktifkan daya perangkat yang tengah diuji coba untuk dikoneksikan ke hotspot iPhone Anda.

Uji Coba Metode Hubung Lain

Terdapat beberapa spekulasi yang menyatakan bahwa untuk menggunakan hotspot pribadi, perlu peran dan fungsi kegunaan koneksi Wi-Fi. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Anda bahkan bisa memanfaatkan Bluetooth atau kabel USB guna melakukan koneksi.

Anda bisa mencoba metode koneksi hotspot alternatif. Sebuah cara di mana Anda dapat mengesampingkan masalah dengan hardware Wi-Fi ponsel Anda. Jika Anda hendak mencoba menggunakan metode koneksi yang berbeda, jangan lupa untuk menghidupkan hotspot pribadi Anda pada menu Personal Hotspot.

Anda mesti menautkan iPhone Anda dengan komputer atau perangkat seluler lain yang sedang Anda coba bagikan hotspot dengannya, khususnya jika Anda mencoba mengunakan metode koneksi via Bluetooth. Silakan menuju menu Settings lalu klik opsi Bluetooth kemudian ketuk nama perangkat yang terkait.

Secara spesifik, proses pada perangkat Anda yang lain akan berkutat pada operating system. Apabila Anda melakukan ini baru pertama kalinya, sebaiknya Anda harus melewati proses verifikasi PIN terlebih dahulu untuk alasan keamanan.

Sebenarnya menghubungkan hotspot menggunakan kabel USB cukup simpel. Sama simpelnya seperti mengkoneksikan ponsel Anda ke komputer dan memilih hotspot dari daftar jaringan yang tersedia. Keuntungan lain menggunakan USB adalah tipe koneksinya yang cepat. Hal ini cocok bagi Anda yang sedang dikejar deadline atau bagi Anda yang menyukai kecepatan.

Reset Pengaturan Jaringan

Ada teknik bawaan iOS yang ditawarkan guna menghapus data pengguna dan memulihkan pengaturan ke setelan default pabrik. Namun, Anda bisa memanfaatkan hal yang hampir sejenis hanya dengan menghapus jenis data tertentu saja.

Apabila hotspot iPhone tidak berfungsi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus pengaturan jaringannya saja. Caranya, buka menu Settings. Pilih General lalu pilih Reset. Kemudian klik Reset Network Settings. Terakhir, Anda harus mengetikkan password guna proses lanjutan. Proses reset akan mengatur ulang sistem. Pengaturan Wi-Fi akan terhapus semua termasuk custome name iPhone Anda.

Sign Out Akun iCloud

Ada juga cara mengatasi hotspot pribadi tidak berfungsi dengan cara keluar dari akun iCloud. Tips satu ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Terlebih ketika cara-cara sebelumnya tidak dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan.

Layaknya trik-trik sebelumnya, bukalah menu Settings. Lalu klik pada opsi [Username] dan pilih Sign Out. Namun tidak berhenti sampai di situ saja. Anda juga harus masuk lagi ke akun Anda guna menghidupkan ulang layanan.

Restore iPhone

Teknik terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melakukan Restore iPhone, yang mana itu berarti Anda akan menghapus total sistem operasi beserta semua data pengguna Anda dan mengatur ulang seluruh iPhone.

Masih dengan cara yang serupa, yakni dengan mengakses menu Settings. Pilih General lalu Reset. Kemudian untuk memulai hapus data, klik ‘Erase All Content and Settings’.

Ini menjadi langkah terakhir yang dapat dilakukan tentu dengan risiko kehilangan data yang ada di dalam perangkat. Jadi, pastikan data penting sudah disalin atau dengan cara melakukan pencadangan iPhone sebelum melakukan Restore. 

Seringkali data yang ada dalam perangkat justru lebih berharga daripada fisik perangkat smartphone yang kita punya maka selalu back up data untuk mengantisipasi kehilangan data.