Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian CAD, CAM, CAE dan Penjelasan Lengkap Lainnya

CAD, CAM, dan CAE Adalah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Banyak sekali inovasi baru yang masyarakat gunakan. Salah satu buktinya, yaitu dari pengertian cad, cam, cae sendiri. Istilah tersebut merupakan sebuah laboratorium yang berbasis komputer dengan manfaat yang sangat canggih.

Pengertian dari CAD Secara Singkat

CAD sendiri merupakan singkatan dari Computer Aided Design, yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk dapat menggambar produk atau bahkan bagian dari suatu produk tertentu. Produk / barang yang nantinya ingin digambarkan, akan desainer wakilkan dengan garis / simbol bermakna.

CAD atau Computer Aided Design ini sendiri dapat berupa gambar dua atau bahkan tiga dimensi. Biasanya akan banyak masyarakat butuhkan jikalau mereka hendak membuat suatu desain menarik di berbagai keperluan pekerjaan. Mengingat fungsinya sendiri memang sebagai alat bantu desain.

Pada umumnya, Computer Aided Design atau CAD ini adalah software komputer maupun grafik yang bermanfaat sebagai salah satu alat bantu. Tujuannya, untuk dapat meningkatkan suatu desain produk dari konsep. Jadi, CAD sendiri menggambarkan konsep / aktivitas dengan memakai PC.

Fungsi dari Penggunaan CAD

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, CAD sendiri merupakan suatu program komputer yang memang berfungsi sebagai salah satu alat bantu untuk dapat membuat gambar produk. Bahkan menjadi gambaran konsep, ada beberapa fungsi sesungguhnya dari Computer Aided Design ini.

1. Sebagai Pengembang dan Analisis Desain 

Salah satu fungsi sesungguhnya dari penggunaan CAD atau Computer Aided Design, yaitu sebagai pengembang desain. Nantinya desain gambar yang akan desainer buat di terminal grafik, bisa berupa seperti garis, kerucut, titik, lingkaran dan lain-lain. Bisa juga ditambahkan, kurang, atau bahkan potong.

Kemudian, fungsi dari Computer Aided Design ini juga sebagai analisis desain. Biasanya banyak desainer gunakan untuk dapat menghitung bagian dari desain. Misalnya saja seperti volume, berat dan masih banyak lagi. Tujuannya, yaitu untuk bisa menganalisa tegangan dari bagian faktor lain.

2. Sebagai Simulasi dan Peninjauan Kembali Desain 

Selain itu, fungsi dari Computer Aided Design atau CAD ini biasanya sering desainer gunakan untuk dapat mempelajari pola pergerakan. Bahkan juga mereka gunakan sebagai bentuk menganalisa mekanisme yang jauh lebih lengkap. Fungsinya juga untuk melakukan peninjauan kembali.

Biasanya peninjauan ulang dari desain ini, fungsinya adalah untuk dapat membantu mengurangi risiko dari dua atau bahkan lebih komponen di dalam sistem assembly. Pemeriksaan secara berkalanya bermanfaat untuk dapat menolong / mengantisipasi ukuran yang akan salah nantinya.

Kelebihan Dari Auto CAD

Sama seperti CAD pada umumnya, Auto Cad ini merupakan suatu desain yang hasilnya berasal dari bantuan komputer komersial serta perangkat lunak perancangan. Auto CAD ini sendiri sudah ada sejak Desember tahun 1982. Ada pun kelebihan yang harus Anda ketahu, sebagai berikut.

1. Akurat Serta Bisa Mengurangi Kesalahan 

Perlu Anda ketahui, bahwa prinsip kerja dari AutoCAD ini merupakan modelan rekayasa secara dinamis. Modelnya sendiri menyatu padukan dengan sebuah rancangan serta rancangan produksi secara bersama – sama. Memungkinkan perubahan desain dari seluruh proyek.

Dengan menggunakan AutoCAD, maka akan menghasilkan pengurangan kesalahan / meminimalisirkan suatu kesalahan yang seringkali terjadi. Selain itu, hasil desain yang sudah jadi secara digital akan mempunyai ruang penyimpanan serta penyempurnaan.

2. Lebih Hemat Waktu dan Uang 

Selain itu, menggunakan AutoCAD juga jauh lebih waktu dan juga uang. Dengan interface serta alur kerja yang cukup spesifik dan juga ramah pengguna. AutoCAD ini bisa membantu untuk dapat bekerja jauh lebih cepat serta menghemat banyak waktu bagi si perancang.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan AutoCAD juga akan memberikan suatu solusi untuk dapat menerapkan modifikasi di dalam sebuah proyek. Dengan begitu, waktu yang perancang butuhkan bisa jadi lebih terencana dan tidak terbuang percuma.

Pengertian CAM Secara Singkat

CAM atau merupakan singkatan dari Computer Aided Manufacturing, yaitu suatu penggunaan software yang bermanfaat untuk dapat mengontrol tools mesin atau bahkan di bagian mesin lain. Bagian tersebut memiliki keterkaitan erat dengan proses permesinan. CAD, CAM, CAE adalah satu server.

Maksudnya, semua istilah tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang sebagian besar sama. Seperti untuk dapat membantu di dalam semua perencanaan. Misalnya saja manufaktur, termasuk semua yang ada didalamnya terkait manajemen, perencanaan, penyimpanan sampai dengan transportasi.

CAM atau Computer Aided Manufacturing ini sudah mulai banyak siswa SMK maupun universitas pelajari. Jika Anda menginginkan kesimpulannya, maka CAM ini adalah mengelola serta mengendalikan operasi dari pabrik lewat interface atau biasanya orang katakan sebagai antarmuka. 

Keuntungan Paling Utama Dari Computer Aided Manufacturing (CAM)

Dari penggunaan Computer Aided Manufacturing atau CAM ini, ternyata memiliki keuntungan utamanya sendiri. Perlu Anda ketahui, bahwa antara CAM dengan CAD ini memiliki keterkaitan erat. Jadi, bisa dikatakan bahwa fungsi dan juga manfaatnya hampir mempunyai kesamaan.

Salah satu keuntungan utama dari CAM, yaitu terlihat dari bagian perbaikan tingkat utilisasi yang berasal dari sumberdaya produksi. Computer Aided Manufacturing dapat memberikan manfaat penting, seperti bisa mengurangi waktu menunggu terhadap suatu kegiatan yang pekerja lakukan.

Kemudian, keuntungan lainnya adalah dalam hal penurunan total biaya dari persediaan. CAM sendiri biasanya banyak orang gunakan untuk dalam mengendalikan persediaan dalam basis just in time. Dengan menggunakan Computer Aided Manufacturing ini, maka produk menjadi terkendali dari pesaing.

Pengertian CAE Secara Singkat

CAE sendiri merupakan singkatan dari Computer Aided Engineering. Sesuai dengan namanya, CAE ini adalah penggunaan teknologi informasi yang biasanya bermanfaat untuk dapat mendukung insinyur di dalam menyelesaikan berbagai macam persoalan. Misalnya saja seperti simulasi, analisis.

Kemudian, juga untuk dapat menyelesaikan desain, perencanaan, manufaktur, perbaikan dan juga diagnosis. Arti yang jauh lebih sederhana lagi, Computer Aided Engineering atau CAE ini adalah kemampuan teknologi yang bisa melakukan penyelesaian soal bidang teknik dalam satu platform.

Hebatnya lagi, ada begitu banyak jenis perusahaan yang memproduksi CAE atau Computer Aided Engineering ini. Seperti mulai dari Abaqus, Inc, Adina R & D, Inc, Ansys, Inc, Autodesk, Inc, Dassault Systemes, Design Simulation Technologies, Inc, MSCN Software Corp, dan masih banyak lainnya.

Jenis Persoalan Computer Aided Engineering yang Sering Dianalisa

Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis persoalan dari Computer Aided Engineering yang biasanya banyak dianalisa menggunakan CAE ini. Salah satunya FEA atau Finite Elements Analysis. Istilah tersebut seringkali orang gunakan untuk menganalisa batas paling maksimal suatu produk.

Kemudian, ada CFD atau merupakan singkatan dari Computational Flow Dynamics. Biasanya banyak orang gunakan untuk dapat menganalisa produk yang seringkali mempunyai aliran. Menjadi salah satu solusi terbaik dalam kecepatan, ketahanan dan masih banyak lagi. Bergantung pada aliran dari produk.

Selain itu, ada MBD atau Multibody Dynamics. Bila FEA berfungsi untuk dapat menganalisa di bagian suatu produk saja. Maka untuk MBD ini bertugas untuk menganalisa produk secara keseluruhan / semuanya. Penggunaan CAE pada umumnya, harus berawal model 3D berasal dari software CAD.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan secara jelas dan juga detail terkait pengertian cad, cam, cae. Dari pembahasan di atas, kesimpulannya adalah istilah tersebut termasuk ke dalam teknologi berbasis komputer yang fungsinya untuk merancang, menganalisa / memodifikasikan suatu desain.