Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sorotan di IG Tanpa Membuat Story, Lengkap

Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story

Dalam rangka memanjakan para penggunanya, platform sosial Instagram kini meluncurkan cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story. Mungkin Anda sudah tidak asing membuat story di Instagram dan menyimpannya sebagai sorotan di halaman bio. Namun sudah pernahkah Anda membuat sorotan tanpa story terlebih dahulu? 

Fasilitas membuat sorotan IG melalui story mulai diluncurkan pihak Instagram sejak satu tahun yang lalu. Sebelumnya, sorotan berfungsi sebagai media mengabadikan story yang hanya dapat bertahan selama 24 jam. Apabila story tersebut bersifat penting, maka seseorang akan menyimpan story tersebut sebagai sorotan agar tidak hilang. 

Namun kini, ada strategi tersendiri untuk membuat sorotan agar tak selalu harus melalui story Instagram. Pengguna dapat membuat informasi di sorotan tanpa harus membagikannya di story. Caranya pun tidak sulit. Mari ikuti tutorialnya berikut ini:

Tutorial Membuat Sorotan di IG Tanpa Membuat Story

Tutorial Cara Membuat Sorotan di IG Tanpa Membuat Story

Pada dasarnya, cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story tidak tersedia secara langsung dalam fitur instagram. Jadi, aplikasi tidak menyediakan fitur membuat sorotan secara manual tanpa melalui IG story terlebih dahulu. Tetapi ada satu strategi yang bisa pengguna lakukan agar informasi sorotan tidak harus melalui publish di story lebih dulu.

Strategi tersebut ialah dengan menyembunyikan lebih dahulu story Anda dari teman dan para followers. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan fitur privasi akun dan story sementara waktu. 

Dalam masa privasi minimal 24 jam, Anda dapat menyimpan story sebagai highligt atau sorotan. Ketika sudah tersimpan di sorotan, baru Anda dapat menonaktifkan fitur privasi agar akun kembali seperti semula. 

Mudah, bukan?

Berikut langkah-langkah membuat sorotan IG tanpa mempublish story:

  1. Syarat pertama adalah akun Instagram harus berada dalam mode private. Bagi para pemilik akun public, perubahan menjadi privat dapat dilakukan melalui fitur pengaturan. Caranya: masuk ke profil instagram kemudian klik titik tiga yang terdapat di bagian atas kanan. 
  2. Pilih menu ‘pengaturan’.
  3. Pada bagian bawah terdapat opsi ‘privasi’. Pada opsi 'Akun Privat' Geser pilihan tersebut ke kanan hingga penanda berwarna biru. Kini akun Instagram Anda sudah berstatus privat.
  4. Langkah selanjutnya yakni memprivat story Instagram dari teman dan followers. Caranya masuk ke pengaturan instagram kemudian klik menu 'privasi', lalu pilih ‘cerita’.
  5. Sebagaimana mengatur story WA, di sini Anda bisa memilih menyembunyikan story dari siapa saja. Termasuk memproteksinya kepada semua orang. Jangan lupa ketuk ‘terapkan’.
  6. Kini Anda bisa leluasa membuat story tanpa perlu khawatir ada yang melihat. 
  7. Jika sudah terposting, simpan story tersebut di fitur highligt yang tersedia di bagian bawah. Kini story Anda sudah menjadi sorotan.
  8. Tunggu story hingga 24 jam terlebih dahulu sebagai syarat bisa menjadi highligt. Setelah itu, Anda bisa mengembalikan pengaturan akun Instagram kembali seperti sedia kala. Tidak sulit, bukan?

Solusi Pertanyaan, Kenapa Tidak Bisa Membuat Sorotan di IG?

Kenapa Tidak Bisa Membuat Sorotan di Instagram?

Selain pertanyaan bagaimana cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story, banyak orang juga resah karena merasa Instagram mereka tidak bisa membuat sorotan. Setelah ditelusuri, ternyata penyebabnya adalah pengaturan dari  akun Instagram itu sendiri yang belum  permissif terhadap fitur sorotan story Instagram. 

Bagi Anda yang mengalami permasalahan serupa, berikut solusi memunculkan fitur sorotan pada Instagram.

  1. Cek terlebih dahulu pada story yang Anda buat, apakah terdapat fitur ‘sorot’ pada bagian bawah cerita? Umumnya, masalah tidak bisa membuat sorotan adalah karena tidak adanya tampilan simbol ‘sorot’ pada story.
  2. Jika memang belum ada, silahkan masuk ke akun profil Anda.
  3. Klik menu pengaturan yang terdapat di titik tiga pada bagian kanan atas.
  4. Pilih menu ‘privasi’ kemudian pilih ‘cerita’.
  5. Aktifkan penanda ‘simpan ke arsip’ dari yang semula berwarna abu-abu hingga berwarna biru
  6. Kini, coba kembali membuat story untuk mengetahui bahwa fitur highligt sudah tersedia di story Anda.    

Cara Melihat Orang yang Melihat Sorotan Instagram 

Cara Melihat Orang yang Melihat Sorotan IG

Tidak bisa dipungkiri, setelah penasaran dengan cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story, banyak orang juga sangat ingin tahu berapa jumlah orang yang sudah menengok sorotan mereka dan siapa sajakah orang-orang tersebut. Hal ini sangatlah alamiah karena setiap manusia sesungguhnya ingin tau siapa saja yang memperhatikan mereka. 

Rupanya, aplikasi Instagram juga memahami kebutuhan tersebut. Instagram memudahkan setiap pengguna untuk mengetahui siapa saja yang sudah mengunjungi sorotan kepada pemiliknya. Tak membutuhkan waktu berjam-jam, Anda bisa mengaksesnya. Berikut caranya:

  1. Kunjungi halaman profil Instagram. 
  2. Klik tema highligt yang ingin Anda ketahui siapa saja penontonnya.
  3. 'Swipe ke atas' story yang ingin kalian ketahui pengunjungnya.
  4. nantinya kalian akan ditampilkan daftar teman, followers, ataupun akun asing yang sudah mengakses highligt Anda.  

Cara Membuat Sampul Sorotan di IG

Cara Membuat Sampul Sorotan di Instagram

Cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story rasanya tidak lengkap serta optimal jika tak beserta cara membuat sampul sorotan yang menarik dan kreatif. Meskipun sebuah sampul nampak seperti hal sepele, unsur ini sesungguhnya dapat menambah estetika tampilan profil Anda menjadi lebih berkelas dan cantik. 

Membuat sampul sorotan juga tidak membutuhkan waktu lama atau teknik yang sulit. Saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi edit gambar yang simple dan mudah bagi para kalangan pemula. Sebut saja aplikasi Canva yang sudah menyediakan ratusan template cover highligt siap pakai bagi para pengguna Instagram. 

Aplikasi Canva tersedia dalam versi mobile atau web. Pengguna dapat memilih manakah teknik yang lebih mudah untuk mendesain. Hanya saja, pilihan fitur lebih banyak tersedia di Canva web dan agak terbatas di Canva mobile. Kali ini, Kita akan membahas tutorial membuat cover highligt IG menggunakan Canva versi mobile yang lebih sederhana:

  1. Bagi yang belum memiliki aplikasi Canva, silahkan mendownload terlebih dahulu di Playstore atau Appstore. 
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  3. Secara khusus. Canva sudah menyediakan pilihan template untuk cover highligt Instagram. Untuk menemukannya, Anda bisa mengetik ‘coer highligt IG’ di kolom pencarian. 
  4. Silahkan telusuri pilihan template hingga menemukan yang sesuai. Jika Anda bermaksud membuat desain background sendiri, silahkan memilih blank desain yang tersedia di pilihan pertama.
  5. Klik pilihan yang Anda inginkan, pengguna akan langsung masuk ke halaman pengeditan. Pengguna bebas memasukkan icon atau gambar yang sudah mereka miliki sebelumnya maupun memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia disana. 
  6. Jika selesai, download cover dengan cara klik simbol download yang terdapat di bagian kanan atas.
  7. Kini, cover sudah siap Anda gunakan di aplikasi Instagram.

Penutup

Demikian penjelasan mendasar mengenai cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story dan beberapa pembahasan atas pertanyaan seputar topik tersebut. Selain ajang bersosial dengan teman, tidak ada salahnya menjadikan sosmed sebagai wadah menyalurkan kreatifitas.