Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Excel Not Responding Dengan Mudah

Cara Mengatasi Excel Not Responding Dengan Mudah

Sering mengalami excel not responding, hang, dan berhenti tiba-tiba? Tenang aja, karena di artikel ini Infozone akan membahas cara mengatasi excel not responding.

Ms Excel adalah aplikasi atau program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsft Office. Microsoft Excel biasa digunakan untuk mengolah angka-angka. Excel biasa dipakai oleh orang yang pekerjaannya berurusan dengan rumus dan angka, seperti akuntan, pebisnis, dll.

Dengan kejadian excel not responding terus, tentu akan menghambat pekerjaan yang menggunakan micrsoft excel. Hal itu pasti membuat jengkel, apalagi ketika pekerjaan sudah selesai lalu ingin disimpan, tapi malah not responding.

Cara Mengatasi Excel Not Responding

Permasalahan excel hang not responding memang terlihat remeh, tapi akan menjadi besar jika kalian tidak menanganinya dengan tepat. Dengan excel yang hang tanpa penanganan yang tepat, dapat menyebabkan kehilangan data yang sudah dibuat. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi excel not responding.

1. Gunakan Mode Aman

Cara Mengatasi Excel Not Responding Terus

Cara mengatasi Microsoft Excel not responding yang pertama adalah dengan menggunakan save mode atau mode aman. Dengan menggunakan mode aman excel akan bekerja tanpa mengalami program startup tertentu.

Untuk menggunakan excel save mode, pertama kalian tekan dan tahan tombol ctrl pada saat memulai program excel. Kalian juga bisa menggunakan switch/save atau Excel.exe/Save pada saat memulai program di baris perintah.

Nantinya, Ms. Excel akan melewatkan fungsi dan beberapa pengaturan lainnya, seperti lokasi startup alternatif, toolbar yang diubah, folder XLStart, Add-in Excel, dan Add-in COM.

2. Lakukan Install Pembaruan

Kalian bisa melakukan cara yang kedua ini apabila cara yang pertama belum berhasil. Permasalahan Microsoft Excel not responding bisa jadi karena kalian harus melakukan update. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembaruan pada Ms. Excel. Aplikasi excel yang Infozone gunakan adalah versi 2013 ya, untuk versi lainnya biasanya tidak jauh berbeda.

  1. Buka aplikasi Ms Excel, lalu buat dokumen baru.
  2. Pilih file yang ada di pojok kiri atas, lalu klik akun.
  3. Pilih opsi pembaruan pada Informasi Produk.
  4. Pilih aktifkan pembaruan (Jika pilihan ini tersedia).
  5. Pilih perbarui sekarang untuk memeriksa dan menginstal update secara manual.
  6. Tunggu pembaruan hingga selesai.

Dengan melakukan update ke versi terbaru akan memperbaiki masalah dengan mengganti adanya kadaluarsa pada file dan memperbaiki faktor kerentanan. Jika masalah Excel hang masih terjadi, kalian bisa coba cara selanjutnya.

3. Memastikan Excel Tidak Menjalankan Proses Lain Secara Bersamaan

Ketika excel menjalankan proses lainnya secara bersamaan, tentu berpengaruh pada performa program itu sendiri. Kalian dapat mengetahuinya dengan melihat pada bilah status di bagian bawah jendela Ms. Excel. Ketika kalian melakukan proses di waktu yang sama, ada kemungkinan program tidak akan merespon.

Lalu solusinya gimana? 

Cukup tunggu tugas pertama selesai prosesnya atau menutup dokumen tersebut (jika tidak terlalu penting atau berisikan file kosong). Hal ini dilakukan agar Excel tidak bekerja berlebihan yang dapat menyebabkan kesulitan bekerja optimal.

4. Cek Masalah Pada Add-in

Cara Mengatasi Excel Not Responding

Masalah pada Add-in adalah penyebab Excel not responding when saving selanjutnya. Add-in berfungsi untuk membantu menyempurnakan dalam penggunaan Excel. Tapi Add-in dapat mengganggu kinerja Excel. Berikut cara mengeceknya.

  1. Buka Excel dalam mode aman.
  2. Pilih File > Option > Add-in.
  3. Pilih Add-in COM > Masuk (Go).
  4. Kosongkan semua centang yang ada pada daftar, jika sudah pilh OK.
  5. Tutup aplikasi, kemudian restart Excel.

5. Memperbaiki Ms. Office

Cara selanjutnya untuk memperbaiki excel yang tidak merespon adalah dengan perbaiki Microsft Office kalian. Berikut langkah-langkah untuk repair Microsoft Office.

  1. Buka Control Panel.
  2. Nantinya akan terdapat beberapa pilihan, kalian pilih program > Program and Features.
  3. Klik aplikasi Office yang kalian gunakan, dan klik change yang berada di atas.
  4. Selanjutnya kalian tinggal pilih Repair dan ikuti perintah yang ada.

Apabila cara ini masih belum bisa menyelesaikan masalahnya, kalian bisa coba cara selanjutnya.

6. Uninstall Aplikasi Lalu Install Kembali Aplikasi Excel

Cara selanjutnya untuk Excel not responding fix adalah dengan install ulang Microsoft Excel kalian. Cara ini cukup ampuh untuk dilakukan, karena nantinya excel kalian akan seperti baru lagi (Seperti saat awal install). Dengan begitu, error-error yang biasa terjadi pada Ms. Excel kalian akan hilang. Kalian tak perlu khawatir, dokumen yang sudah kalian buat tidak akan hilang kok.

7. Periksa Apakah Excel Berseteru Dengan Antivirus

Cara mengatasi Excel not responding when saving yang terakhir adalah dengan memeriksa apakah aplikasi excel bermasalah dengan antivirus yang kalian gunakan. Pembaruan antivirus, biasanya terjadi secara berkala yang bisa kalian dapatkan dengan cara mengunjungi situs resmi antivirus tersebut.

Pada saat Excel terhubung dengan antivirus, mungkin ini yang menyebabkan Excel not responding terus. Untuk cara mengatasinya, kalian cukup menonaktifkan hubungan Excel yang ada di antivirus. Kalian juga bisa menonaktifkan semua add-in antivirus yang ada di Ms. Excel.

Tentu, dengan melakukan ini ada resiko yang bisa saja terjadi, seperti terserang virus, fraud, dan bahaya-bahaya lainnya. Kalian bisa gunakan cara ini asalkan kalian sudah mengerti resiko yang bisa saja terjadi.

Penutup

Nah, itulah sedikit tips cara mengatasi excel not responding dengan mudah. Tak hanya di Microsoft Excel, tapi kalian bisa juga menerapkan cara ini ke produk Microsft Office lainnya, seperti Ms. Word, Powerpoint, dan produk Ms. Office lainnya. Jika permasalahan Excel not responding masih belum teratasi, kalian bisa hubungi Microsoft Support yang ada di situs resminya.

Kalian coba hubungi dan jelaskan permasalahan yang sedang kalian alami. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya!