Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Copy, Print, dan Membuka PDF yang Terkunci

Tips PDF Document

Jenis dokumen tulisan yang biasa digunakan banyak orang, salah satunya adalah Portable Document Format (PDF). PDF banyak digunakan karena dapat menyajikan dokumen dua dimensi berupa huruf, teks, vektor, citra, dan lain sebagainya. Dengan begitu, PDF memberikan tampilan yang nyaman untuk dibaca dan terlihat lebih rapih.

PDF biasa kita temui di beberapa jenis dokumen, seperti jurnal penelitian, modul pelatihan atau seminar, buku yang diubah ke bentuk digital (e-Book), hingga materi kuliah. Dibandingkan Word, Saya sendiri lebih suka menggunakan PDF untuk membaca informasi karena lebih mudah dan nyaman.

Sering kali kita menemui file PDF yang terkunci, dimana untuk mengaksesnya diperlukan kata sandi. Pastinya hal tersebut menjadi kendala, terutama bagi kalian yang tidak mengetahui cara membuka PDF yang terkunci.

Dengan PDF yang terkunci, fitur lain seperti mengcopy teks maupun print PDF juga tidak bisa dilakukan. Tapi tenang, karena kami akan memberikan solusi bagaimana cara copy, print, dan membuka PDF yang terkunci.

Jenis File PDF

Perlu diketahui, PDF memiliki tiga tipe yang berbeda. Akan saya jelaskan 3 tipe file PDF sebagai berikut:

Scanned PDFs

PDF jenis ini, tercipta pada saat kalian melakukan pemindaian dengan scanner. Dokumen yang telah discan memiliki pilihan untuk disimpan sebagai file PDF. Pada file ini, aplikasi pembaca PDF tidak dapat membedakan mana elemen gambar maupun elemen teks.

Dengan begitu, kita tidak bisa menyeleksi teks dan gambar yang ada di jenis file PDF ini. Sebenarnya bisa, tapi harus menggunakan aplikasi khusus.

Searchable PDFs

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, untuk membaca teks pada file scanned PDFs bisa dengan menggunakan aplikasi optical character recognition (OCR). Aplikasi ini memindai file PDF untuk mencari teks dan gambar. Teks yang terbaca akan seperti lapisan baru, sehingga bisa terdeteksi oleh aplikasi OCR ini.

Digitally Created PDFs

File yang dibuat dari awal itu bisa disebut Digitally Created PDFs. Umumnya, file PDF jenis ini biasa disebut juga sebagai True PDFs. Aplikasi pembaca file PDF akan mendeteksi gambar dan teks secara terpisah.

Cara Copy PDF yang Terkunci

Cara mengcopy teks di PDF yang terkunci sangat mudah untuk dilakukan jika kalian mengetahuinya. Bahkan cara ini bisa dilakukan secara offline. Berikut cara copy PDF yang terkunci.

  1. Siapkan file PDF yang ingin dicopy tulisannya.
  2. Lalu klik kanan pada file PDFnya > open with > pilih google chrome.
  3. Nantinya, file PDF akan terbuka di google chrome, lalu kalian tinggal mengcopy teksnya saja sesuai dengan keinginan. Cara copynya sama seperti kalian copy-paste tulisan biasa, seperti di Ms. Word, Powerpoint, ataupun Ms. Excel.

Cara Print PDF yang Terkunci

Untuk tips cara print file PDF yang terkunci ini, kalian tidak perlu download aplikasi tambahan lagi. Tapi kalian hanya perlu modal internet saja. Cara ini bisa dilakukan baik menggunakan komputer/laptop maupun smartphone (Android/iOS). Berikut cara mengatasi PDF tidak bisa diprint.

  1. Kunjungi situs unlock-pdf.com dengan browser di HP/laptop kalian.
  2. Pilih choose file, Lalu upload file PDF yang ingin kalian print.
  3. Tunggu hingga loading selesai, lalu klik tombol unlock file.
  4. Tunggu hingga proses selesai, lalu download filenya.
  5. Buka hasil downloadnya, lalu kalian tinggal print seperti biasa.  

Cara Membuka PDF yang Terkunci

PDF memiliki dua tipe password, ada user-locked (permission password) dan owner-locked (open password).

  • User-locked (permission password) berfungsi melindungi file dari orang jahil yang hendak mengubah file PDF kalian.
  • Owner-locked (open password). Proteksi tipe ini membuat orang yang tidak memiliki password tidak akan bisa membuka file PDF kalian. Tapi tidak ada aplikasi ataupun aplikasi yang bisa membukanya.

Penutup

File PDF yang terproteksi atau terkunci tentu memiliki banyak alasan. Salah satunya, mungkin tidak ingin isi dokumennya disalin oleh orang-orang yang tidak meminta izin kepada pembuatnya. Oleh karena itu, lakukan cara ini dengan bijak dan pastikan sudah meminta izin kepada pemilik hak cipta untuk menyalin sebagian atau keseluruhan isi dari PDF tersebut. Atau jika sulit menghubungi sang pemilik, bisa dengan menyertakan sumber ke pembuatnya.

Cara ini juga bisa dilakukan jika PDF yang kalian kunci, lupa passwordnya. Demikian artikel mengenai cara copy, print, dan membuka PDF yang terkunci. Semoga bermanfaat ya!



Referensi:

1. jalantikus.com

2. kepocara.blospot.com

3. merdeka.com

4. simaktekno.com