Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat LED Notifikasi Warna Warni di Layar Untuk Semua HP Android

Cara Menampilkan LED Notifikasi Warna Warni di Layar Untuk Semua HP Android

Bosan dengan tampilan HP yang begitu-gitu aja? Mau coba hal-hal baru? Artikel Cara Membuat LED Notifikasi Warna Warni ini mungkin solusinya. Di akhir artikel terdapat video tutorialnya agar memudahkan kalian dalam memahami caranya.

LED Notifikasi ini akan muncul pada saat ada notifikasi masuk, baik dari aplikasi Instagram, Whatsapp, panggilan telepon, dan lainnya. Lampu LED notifikasi ini bisa berfungsi ketika HP dalam keadaan menyala ataupun mati. Cara membuat LED notifikasi ini pun sangat mudah untuk dilakukan, silahkan kalian simak tutorialnya berikut ini

Cara Menampilkan LED Notifikasi Warna Warni

Untuk menampilkan LED notifikasi, kalian download dahulu aplikasi yang bernama Always on Edge. Aplikasi ini gratis dan bisa kalian download di Google PlayStore. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk semua HP Android, mulai dari Xiaomi, Realme, Nokia, Oppo, Vivo, Samsung, dan lainnya.

Disini gua menggunakan HP Xiaomi 5 Plus, untuk pengguna HP selain Xiaomi ada kemungkinan beberapa menu yang tidak ada. Namun secara garis besarnya sama kok, tidak berbeda jauh.

Sebelum bisa menggunakan aplikasi ini, kita akan melakukan pengaturan terlebih dahulu agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik di HP kita.

Mengatur Perizinan Aplikasi

Langkah pertama kita akan mengatur perizinan aplikasi terlebih dahulu di menu pengaturan utama.

  1. Setelah masuk ke menu pengaturan utama, kalian pilih izin yang diperlukan. Nanti akan muncul perizinan yang harus kalian aktifkan semua.
  2. Mulai dari mengaktifkan Manajer Pencahayaan Independen. Kemudian pilih layanan terunduh lainnya. Nah disini kalian aktifkan Always on Edge – Manajer untuk Pencahayaan Independen dan Always on Edge – Manajer untuk AOD Lightning.
  3. Berikutnya aktifkan juga akses notifikasi.
  4. Lalu aktifkan juga status telepon.
  5. Kemudian pada menu izin opsional, pilih “biarkan aplikasi ini berjalan tanpa batasan ya.
  6. Kalau sudah yakin semua, silahkan pilih simpan.

Mengatur Settingan Notifikasi LED

Pada langkah kedua kita akan mengatur settingan notifikasi LED di menu pengaturan aplikasi.

  1. Setelah masuk ke menu pengaturan aplikasi, Pilih bagaimana/kapan harus menyala?
  2. Lalu Aktifkan pilihan saat ada notifikasi. Nah disini kalian bebas mengatur, mau notifikasi LED aktif pada saat layar mati, layar menyala, atau bisa juga keduanya.
  3. Selain itu kalian kalian juga bisa mengaktifkan lampu LED pada saat megecas HP, ketika mendengarkan musik, saat headset terpasang, dll. Kalian setting sesuka kalian disini.
  4. Kalau sudah pilih simpan, kemudian pilih yang gratis.

Mengatur Pencahayaan LED

Pada langkah ketiga kita akan mengatur pencahayaan LED. Langkah ini sangat penting, jadi simak baik-baik ya.

  1. Pertama kita aktifkan pencahayaan tepi yang ditandai dengan tanda centang.
  2. Kemudian pilih tempat pencahayaan, disini ada 2 keadaan, yaitu pada saat layar mati atau menyala. Di kedua kondisi ini kalian bebas mengatur, mau LED berada di seluruh layar, hanyua di sisi kanan dan kiri, dll.
  3. Lalu pilih sudut layar perangkat. Disini kalian menyesuaikan dengan layar HP kalian. Apakah sudutnya sangat melengkung, agak melengkung, atau sudutnya biasa saja. Atau kalo tidak ada yang sesuai dengan HP kalian, kalian bisa setting secara manual.
  4. Setelah itu pilih dukungan takik. dukungan takik ini diperuntukkan HP yang ada poninya, disini kalian bisa mengatur dengan berbagai bentuk poni, mulai dari o,u,v, dll. Atau kalau tidak ada yang sesuai, kalian pilih lainnya. Lalu bagaimana jika poninya belum pas? Tenang, kalian bisa atur juga disini.
  5. Lalu kalian juga bisa atur ketebalan tepinya sesuai selera kalian.
  6. Kemudian pada mode pencahayaan, pilih yang berkelanjutan biar lebih keren. Atau kalau mau lebih irit bisa pilih berselang.
  7. Setelah itu pada menu jumlah warna tepi, ada beberapa warna yang bisa kalian atur. Mulai dari pelangi, gelombang warna, satu warna, dua warna, dan tiga warna. Disini kalian bebas mengaturnya sesuai selera kalian.
  8. Pada menu efek pencahayaan, kalian juga bebas mengatur, tapi disini gua pilih yang normal saja.
  9. Lalu kalian juga bisa mengatur kecepatan pencahayaan tepinya. Semakin kecil angkanya maka akan semakin cepat, dan sebaliknya semakin besar angkanya maka akan semakin lambat pergerakannya.
  10. Kalau sudah selesai semua pilih simpan
  11. Dan selesai

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Always on Edge

Aplikasi ini tentu punya kekurangan dan kelebihan. Kekurangan aplikasi ini adalah, pastinya akan sedikit boros baterai, jadi yang baterai HPnya bocor, tidak disarankan menggunakan aplikasi ini. Kemudian aplikasi ini berbayar, jadi hanya gratis di beberapa notifikasi saja.

Kemudian kelebihannya adalah tentu tampilan layar menjadi keren dan bisa mengetahui ada notifikasi atau panggilan yang masuk, tentu ini berguna  untuk ojek online. Dengan begitu, jika ada orderan masuk, LED notifikasi akan otomatis menyala, dan kalian segera mengetahuinya. Karna mengandalkan suara saja tidak cukup di tengah keramaian. Atau mengandalkan terus menghidupkan layar HP, tentu itu akan boros baterai.

Tentang Aplikasi Always on Edge

Aplikasi ini dirilis pada 20 Juni 2018 dan dikembangkan oleh Airbea Ent. Aplikasi ini cukup ringan karena ukuran kecil, yaitu sebesar 5,21 MB saja. Aplikasi Always on Edge sudah didownload lebih dari 5 Juta kali dengan rating 4,3.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, aplikasi ini mempunyai berbagai macam fitur. Secara garis besarnya aplikasi ini dapat membuat pencahayaan tepi untuk notifikasi, pada saat mengisi daya, saat mendengarkan musik, dan lain sebagainya.  

Penutup

Oke itu saja Cara Membuat LED Notifikasi di Tepian Layar untuk Semua HP Android. Buat kalian yang masih bingung, kalian bisa menonton video youtubenya dibawah ini. Semoga bermanfaat ya!

Cara Menampilkan LED Notifikasi di Tepian Layar Untuk Semua HP Android Dengan Mudah