Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaturan Cahaya Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Pengaturan Cahaya Laptop Tidak Berfungsi

Salah satu fitur yang sangat berguna di laptop adalah fitur pengaturan cahaya. Fitur ini memungkinkan laptop Anda dapat disesuaikan cahayanya berdasarkan kenyamanan mata Anda. Tentu saja fitur ini sangat berguna karena kemampuan dan kenyamanan penglihatan setiap orang berbeda – beda. Ada yang nyaman dengan cahaya redup, dan ada juga beberapa orang yang nyaman jika menggunakan laptop dengan pencahayaan maksimal.

Namun, pernahkah Anda mengalami permasalahan pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi ? Jika iya, tentu kondisi semacam ini sangat membuat Anda tidak nyaman, apalagi jika pengaturan cahaya yang terakhir tidak sesuai dengan kenyamanan Anda. Jika terjadi hal demikian apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara memperbaikinya ?

Nah, pada artikel ini akan dibahas secara detail apa saja hal – hal yang menyebabkan pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasi pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi. Penasaran ? Simak artikel ini sampai selesai yaa...

Penyebab Pengaturan Cahaya Laptop Tidak Berfungsi

Tidak berfungsinya pengaturan cahaya laptop dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut :

1. Belum Install Driver VGA

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi adalah belum terinstallnya driver VGA. Salah satu fungsi dari Driver VGA adalah untuk mengolah atau menampilkan gambar di layar laptop Anda. Jadi, jika pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi, besar kemungkinan ini terjadi karena Anda belum menginstall driver VGA.

2. Terjadinya Bug

Alasan kedua yang menyebabkan pengaturan pencahayaan di laptop menjadi tidak berfungsi adalah adanya bug atau error baik pada sistem maupun pada driver. Bug atau error ini dapat terjadi karena adanya file yang corrupt, sehingga menyebabkan beberapa fungsi tidak dapat bekerja dengan baik, termasuk pengaturan cahaya. Inilah kesalahan yang menjadi penyebab pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi.

3. Adanya Virus

Virus yang ada dalam laptop juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab tidak berfungsinya pengaturan pencahayaan di laptop. Saat laptop terkena virus, maka akan terjadi gangguan pada sistem, sehingga pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi.

4. Kerusakaan Tombol di Keyboard

Biasanya pengaturan pencahayaan dapat dilakukan melalui keyboard dengan menekan tombol yang ada ikon pencahayaannya. Saat pengaturan pencahayaan di laptop Anda tidak berfungsi, hal ini mungkin dapat juga disebabkan karena tombol pengaturan pencahayaan yang ada di keyboard sudah rusak, sehingga tidak bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Itulah tadi beberapa kemungkinan alasan pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi. Sebenarnya masih banyak lagi kemungkinan – kemungkinan lain yang bisa menjadi penyabab tidak berfungsinya pengaturan pencahayaan di laptop, namun biasanya keempat penyebab di ataslah yang sering terjadi. 

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab pengaturan pencahayaan di laptop tidak berfungsi, selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara megatasi pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Pengaturan Pencahayaan di Laptop Tidak Berfungsi

Bagi Anda yang memiliki masalah pengaturan pencahayaan laptop yang tidak berfungsi, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya :

1. Menginstall Driver

Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, terjadinya pengaturan pencahayaan di laptop menjadi tidak berfungsi dapat disebabkan karena belum terinstallnya driver VGA di laptop Anda. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu menginstall driver, caranya ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Siapkan CD / DVD driver laptop Anda, atau Anda juga bisa mendownload driver laptop melalui browser.
  2. Buka file driver, dan cari aplikasi installernya.
  3. Kemudian buka aplikasi installer lalu jika ada pilihan next klik pilihan tersebut sampai proses penginstallan selesai.

2. Reinstall Driver

Jika driver laptop Anda mengalami bug dan menyebabkan pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi, cobalah untuk reinstall atau menginstall kembali driver laptop Anda. Untuk melakukannya Anda dapat menginstall ulang melalui CD Driver atau bisa juga mendownload file driver dari website resmi VGA. Kemudian lakukan instalasi seperti biasa. 

Sebelum menginstall jangan lupa untuk menghapus file driver yang lama supaya proses reinstall dapat berjalan dengan baik dan semua fungsi yang ada di laptop Anda dapat kembali bekerja sebagaimana mestinya.

3. Mengatur Kecerahan Laptop Melalui Control Panel

Jika ternyata penyebab pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi adalah karena kerusakan pada keyboard, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengatur pencahayaan laptop melalui menu control panel. Caranya :

  1. Buka control panel.
  2. Pilih menu Appearance and Personalization.
  3. Kemudian klik display, lalu Adjust Brightness.
  4. Terakhir, atur pencahayaan pada menu Screen Brightness

Selain menggunakan cara di atas, untuk melakukan pengaturan cahaya melalui control panel, kamu juga bisa melakukannya dengan cara berikut ini :

  1. Buka control panel.
  2. Masuk ke menu Hardware and Sounds.
  3. Klik Power Options dan pilih Screen Brightness.
  4. Lalu atur kecerahan laptopmu melalui menu tersebut.

Itulah dua cara untuk mengatur kecerahan laptop melalui control panel

4. Mengatur Pencahayaan Laptop Melalui Windows Mobility Center

Selain melalui control panel, Anda juga dapat mengatur kecerahan laptop Anda melalui menu Windows Mobility Center. Caranya klik tombol Windows + X, lalu akan muncul jendela Windows Mobility Center, disana akan ada banyak menu pengaturan seperti kecerahan, volume, koneksi internet, dan lain – lain.

Untuk mengatur kecerahan laptop, atur pencahayaan melalui menu display brightness. Setelah itu klik close dari jendela Windows Mobility Center, dan laptop Anda sudah berhasil diatur pencahayaannya tanpa menggunakan keyboard.

5. Update Windows

Saat Anda menggunakan sistem operasi windows dan menonaktifkan informasi update, maka jika Anda buka dan aktifkan informasi tersebut akan ada banyak sekali versi update yang menumpuk. Menumpuknya notifikasi update pada windows juga dapat menyebabkan terjadinya bug, sehingga beberapa fungsi tidak dapat berjalan dengan baik, termasuk fungsi pengaturan pencahayaan.

Untuk mengatasi pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi, maka kamu harus melakukan update windows supaya semua bug dapat hilang dan semua sistem dalam laptop Anda kembali beroperasi sesuai fungsinya. Namun jika setelah melakukan update windows ternyata masih terdapat bug dan malah membuat laptop Anda tidak berfungsi dengan baik, maka Anda dapat melakukan rollback.

Cara melakukan rollback adalah dengan uninstall update yang sudah dilakukan sebelumnya. Untuk melakukannya Anda bisa masuk ke menu Control Panel kemudian pilih opsi Uninstall Program, ceklist beberapa versi update yang sudah dilakukan, kemudian uninstall. Dengan begitu semua fungsi di laptop Anda dapat kembali normal.

Penutup

Demikian pembahasan lengkap tentang penyebab tidak berfungsinya pengaturan pencahayaan di laptop dan bagaimana cara mengatasi pengaturan cahaya laptop tidak berfungsi. Jika Anda mengalami hal serupa silahkan perhatikan dan praktekkan cara – cara yang sudah dipaparkan di atas. Selamat mencoba, semoga berhasil.