Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Background Laptop Hitam, Ternyata Ini Penyebabnya

Kenapa Background Laptop Hitam

Saat melakukan konfigurasi pada laptop biasanya kita sering menemukan bug atau error yang cukup mengganggu aktivitas kita. Biasanya untuk menghilangkan bug ini kita langsung masuk ke pengaturan dan melakukan berbagai cara untuk memperbaiki. Namun terkadang muncul pertanyaan menganai kenapa background laptop hitam pada menu pengaturan layar laptop tiba tiba menjadi hitam dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Keadaan semacam ini terkadang sangat menjengkelkan apalagi saat kita sedang membutuhkan laptop untuk mengerjakan pekerjaan yang sangat sulit dan penting. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan penyebab kenapa background laptop hitam dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi Anda yang memiliki permasalahan serupa, simak artikel ini sampai selesai ya...

Kenapa Background Laptop Hitam Secara Tiba – Tiba ?

Saat ada pertanyaan berupa kenapa background laptop hitam tiba-tiba biasanya sering terjadi pada saat melakukan hal – hal berikut ini :

  1. Pada tampilan dekstop, klik kanan dan pilih show dekstop ikon.
  2. Memilih tema melalui opsi personalize setelah klik kanan di tampilan dekstop.
  3. Menutup jendela personalization

Setelah melakukan ketiga hal di atas, biasanya laptop akan mengalami bug dan membuat layarnya menjadi hitam dan tidak bisa dikembalikan. Selain ketiga hal di atas, ada juga beberapa faktor lain yang menjadi penyebab kenapa background laptop hitam, yaitu :

Proses Update atau Instalasi Windows yang Tidak Sempurna

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kenapa background laptop hitam adalah adanya proses instalasi yang tidak sempurna. Penginstalan windows yang tidak sempurna tersebut biasanya disebabkan karena pada saat proses instalasi, tiba tiba baterai laptop habis, atau aliran listrik terputus. Kondisi inilah yang menjadi penyebab kenapa background laptop hitam.

Kerusakan File Eksplorer

File explorer merupakan salah satu fitur atau aplikasi yang paling sering digunakan di laptop. File explorer ini berfungsi untuk membuka file file yang tersimpan dalam laptop. Karena keberadaannya yang sangat penting inilah, ketika ada sedikit masalah pada file explorer, maka akan menyebabkan mayoritas sistem tidak bisa digunakan dan menyebabkan kenapa background laptop hitam.

Ada Virus

Salah satu hal lain yang juga dapat menjadi penyebab kenapa background laptop menjadi hitam adalah adanya virus dalam laptop Ada. Jika laptop Anda terkena virus, maka virus ini akan membuat beberapa fungsi dalam laptop Anda tidak bisa bekerja dengan baik. Termasuk layar dekstop yang menjadi hitam secara tiba tiba.

Selain background laptop menjadi hitam, ciri – ciri lain bahwa terdapat virus dalam laptop tersebut adalah munculnya file – file baru dengan nama yang aneh, kapasitas hardisk menjadi penuh padahal tidak ada file berukuran besar, muncul pop up yang mengganggu aktivitas, dan lain – lain.

Windows Tidak Original 

Biasanya kebanyakan orang sering melakukan instalasi sistem windows yang tidak original, sistem ini biasanya didapat dari website website yang tidak resmi dan bukan dari windows. Penggunaan windows yang tidak original juga bisa menyebabkan layar dekstop menjadi hitam dan tidak bisa diganti wallpaper. Selain itu, penggunaan windows yang tidak original juga dapat menyebabkan beberapa fitur pada windows menjadi tidak bisa digunakan.

Proses Booting Tidak Sempurna

Saat kita menyalakan laptop, maka akan terjadi proses booting atau loading sampai laptop benar benar menyala dan masuk ke tampilan dekstop. Terkadang kita sering mengalami proses booting yang tidak sempurna, misalnya saat loading dan muncul logo merk laptop, tiba tiba proses booting berhenti. Hal inilah yang membuat Kenapa background laptop hitam secara mendadak.

Masalah Pada Power Supply 

Jika power supply laptop Anda mengalami kerusakan, maka hal ini juga dapat menjadi penyebab background laptop menjadi hitam. Kerusakan power supply membuat laptop tidak bisa menyala, atau bisa menyala tetapi hanya menampilkan layar hitam saja.

Overheat

Overheat adalah suatu kondisi dimana suhu laptop menjadi sangat tinggi, dan melebihi batas maksimal ketahanan suhu dari komponen komponen di dalamnya. Saat laptop Anda mengalami overheat besar kemungkinan  kenapa background laptop hitam dan laptop tidak berfungi dengan baik.

Kerusakan Inventer

Saat laptop Anda tiba – tiba mengalami black screen atau layarnya menjadi hitam, cobalah untuk membawa ke tempat yang terang atau Anda bisa juga menggunakan senter untuk melihat layar laptop. Jika tampilan dekstop masih dapat terlihat di tempat yang terang, artinya terdapat masalah pada backlight laptop Anda. Permasalahan ini biasanya ditimbulkan karena adanya kerusakan pada inventer.

Itulah beberapa penyebab kenapa background laptop hitam. Setelah mengetahui penyebabnya, tentu Anda ingin mengetahui juga bagaimana cara mengatasinya, bukan ? Tidak perlu khawatir, karena setelah ini akan ada pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi layar atau background laptop yang tiba – tiba hitam. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Layar Laptop yang Menjadi Hitam

Untuk mengatasi kenapa background laptop hitam dengan mudah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan yaitu :

1. Melakukan Setting Background

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kenapa background laptop hitam adalah dengan melakukan setting background. Untuk melakukannya simak tutorial singkat di bawah ini :

  1. Klik start menu.
  2. Ketik “Settings” pada kolom pencarian start menu.
  3. Buka settings, lalu masuk ke jendela Ease of Access, pilih other options.
  4. Perhatikan tampilan jendela tersebut, dan pastikan Show Windows Background dalam keadaan aktif atau menyala.
  5. Kemudian pilihlah tema atau wallpaper sesuai keinginan Anda.
  6. Jika masih ada pekerjaan yang belum tersimpan, simpanlah terlebih dahulu.
  7. Kemudian restart laptop, dan background atau wallpaper laptop Anda sudah kembali normal, tidak hitam lagi.

2. Coba Pakai Monitor Lain

Jika cara yang pertama belum berhasil mengembalikan tampilan layar laptop atau PC Anda, mungkin cara ini bisa membantu solusi kenapa background laptop hitam. Bagi Anda para pengguna PC, saat Anda mengalami black screen cobalah untuk mengganti monitor Anda. Karena bisa jadi black screen ini juga disebabkan karena adanya kerusakan pada monitor. 

Selain itu Anda juga bisa mencoba mengganti kabel penghubung antara monitor dan CPU, karena bisa jadi black screen di PC Anda disebabkan oleh kerusakan pada kabel penghubung CPU dan monitor.

3. Membawa ke Service Center

Jika Anda mengalami black screen pada laptop atau PC Anda dan  sudah mencoba berbagai macam cara termasuk cara – cara di atas namun belum berhasil menormalkan laptop atau PC Anda, maka sebaiknya Anda pergi ke service center yang terpercaya untuk memperbaiki laptop atau PC Anda. Biasanya orang – orang yang profesional dan sudah terbiasa menangani kerusakan hardware dan software akan memiliki banyak pengalaman dan lebih mengerti bagaimana cara mengatasi hal semacam itu.

Penutup

Demikian pembahasan tentang penyebab kenapa background laptop hitam, dan bagaimana cara mengatasinya. Jika Anda memiliki masalah yang sama, cobalah untuk menerapkan beberapa cara di atas untuk memperbaikiya. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.