Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Kecepatan Wifi TP-Link Dengan Mudah

Cara Menambah Kecepatan Wifi TP-Link

Penggunaan internet melalui jaringan WiFi saat ini sudah semakin populer dan meluas. Selain cara penyambungannya yang mudah, penggunaan jaringan WiFi juga memiliki biaya langganan yang lebih  murah serta kecepatan yang tinggi. Anda bisa menggunakan cara menambah kecepatan WiFi TP Link agar mendapatkan hasil yang terbaik. Anda juga dapat melakukan cara menambah kecepatan WiFi TP Link sendiri di rumah.

Namun, seringkali kita menemui beberapa jaringan WiFi yang lemot sehingga membuat aktivitas browsing di internet menjadi terhambat. Lambatnya jaringan WiFi dapat disebabkan karena beberapa faktor misalnya terlalu banyak pengguna, sinyal WiFi yang sedang gangguan dari pusat, dan lain lain. Oleh karena itu, artikel ini memberikan tips dan cara menambah kecepatan WiFi TP Link.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan jaringan WiFi adalah menggunakan wireless LAN seperti TP Link. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa penyebab WiFi menjadi lemot dan bagaimana cara menambah kecepatan WiFi TP Link. Jika Anda memiliki masalah yang sama, coba ikuti penjelasan di bawah ini.

Penyebab Kecepatan Jaringan WiFi Menurun

Jika WiFi di rumah Anda mengalami penurunan kecepatan atau lemot, hal itu mungkin dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

1. Meletakkan Router di Lantai

Meletakkan router di lantai dapat menjadi penyebab WiFi Anda menjadi lemot. Hal ini disebabkan karena Anda meletakkan router di tempat yang terlalu rendah, sehingga sinyal sulit dijangkau oleh perangkat smartphone maupun PC.

2. Meletakkan Router di Dekat Jendela

Cara menambah kecepatan WiFi TP Link  juga dihambat jika Anda meletakkan router WiFi Anda di dekat jendela. Segeralah untuk memindahkannya ke tempat lain, karena saat router diletakkan di dekat jendela, maka sinyal WiFi akan terbagi ke daerah kosong di luar jendela, sehingga saat Anda menghubungkan perangkat ke jaringan tersebut, kecepatannya tidak akan optimal.

3. Meletakkan Router di Tempat Tertutup

Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, Anda perlu meletakkan router di pusat atau di ruang tengah rumah, dan tidak terhalang oleh dinding. Hal ini disebabkan karena dinding akan menjadi penghambat tersalurnya sinyal WiFi.

4. Terlalu Banyak yang Terhubung ke Jaringan WiFi

Jika satu jaringan WiFi dipakai oleh banyak orang, tentu saja kecepatannya akan terbagi – bagi dan menjadi tidak optimal. Jika Anda ingin kecepatan WiFi yang stabil, maka seharusnya atur penggunaan jaringan WiFi maksimal 5 orang secara bersamaan.

5. Meletakkan Router Dekat Dengan Perangkat Elektronik

Penyebab lain yang dapat membuat WiFi menjadi lemot adalah terdapat banyak perangkat elektronik lain yang berada di dekat router. Sebaiknya jauhkan router Anda dari perangkat elektronik seperti HP, PC, TV, microwave dan lain lain. Hal ini disebabkan karena perangkat elektronik memiliki gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu sinyal WiFi.

Itulah beberapa alasan mengapa kecepatan jaringan WiFi menjadi lemot dan tidak optimal. Sebaiknya hindari hal - hal di atas supaya kecepatan WiFi di rumah Anda tetap optimal dan stabil. Setelah mengetahui beberapa penyebab jaringan WiFi menjadi lemot, selanjutnya kita akan memberikan pembahasan tentang bagaimana cara menambah kecepatan WiFi TP Link. Berikut pembahasan selengkapnya.

Alternatif Cara Menambah Kecepatan WiFi TP Link

Ada alternatif cara menambah kecepatan wifi TP Link untuk menambah kecepatan WiFi di rumah Anda :

1. Posisikan Router di Tempat yang Benar

cara menambah kecepatan WiFi TP Link dengan praktis  yang pertama adalah meletakkan router di tempat tertutup, di dekat jendela, dan di lantai bisa menurunkan kecepatan jaringan WiFi. Untuk itu, supaya kecepatan WiFi dapat kembali stabil dan optimal Anda perlu memposisikan router di tempat yang benar. 

Letakkan router di area tengah rumah yang tidak terhalang oleh dinding, dan letakkan di tempat yang agak tinggi, serta jauhkan dari perangkat elektronik lainnya. Dengan begitu jaringan WiFi Anda akan dapat tersalurkan dengan baik, menjangkau ke seluruh ruangan rumah dengan kecepatan yang stabil dan optimal.

2. Atur Posisi Antena Router

Jika router Anda memiliki 2 antena yang menghadap ke arah yang sama, cobalah untuk mengubah posisi antena menjadi seperti huruf L. Satu antena menghadap ke atas, dan satunya lagi posisi horizontal.  cara menambah kecepatan WiFi TP Link ini terbukti bisa membuat kecepatan WiFi menjadi stabil dan optimal.

3. Melakukan Pengaturan QoS

Jika Anda adalah pengguna windows 10 dan mengalami gangguan kecepatan internet, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk cara menambah kecepatan WiFi TP Link adalah dengan mengoptimalkan pengaturan QoS.

Untuk melakukan pengaturan QoS, simak langkah – langkah berikut ini :

  1. Nyalakan PC Anda, posisikan di tampilan dekstop.
  2. Klik tombol Windows + R.
  3. Maka akan muncul jendela Run, kemudian ketikkan “gpedit.msc” ( tanpa tanda petik ) di kolom pencarian Run, lalu klik enter.
  4. Setelah muncul jendela Local Group Policy Editor, pilih file Local Computer Policy, kemudian klik Computer Configuration, lalu klik Administrative Templates.
  5. Di dalamnya terdapat beberapa file, silahkan buka file Network, kemudian klik QoS Packet Scheduler, lalu klik dua kali pada pilihan Limit Reservable Bandwith.
  6. Pada pengaturan Limit Resevable Bandwith pilih enable, kemudian isi kolom bandwith limit dengan angka 0.
  7. Lalu klik Apply dan Ok.
  8. Restart PC Anda untuk menjalankan pengaturan ini

Setelah selesai, maka kecepatan internet di PC Windows 10 Anda akan semakin meningkat dan enak dipakai. Dan Anda berhasil melakukan cara menambah kecepatan WiFi TP Link.

4. Ganti Router

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk cara menambah kecepatan WiFi TP Link adalah dengan mengganti router lama Anda. Berkurangnya kecepatan jaringan WiFi juga dapat disebabkan karena teknologi router yang Anda gunakan sudah terlalu lama, untuk itu cobalah untuk mengganti router Anda dengan jenis router yang lebih baru dan modern, supaya kecepatannya bisa semakin meningkat dan optimal.

5. Berganti ke Frekuensi 5 GHz

Jaringan WiFi umumnya memiliki 2 frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Jika router Anda sudah memiliki frekuensi 5 GHz, alangkah baiknya Anda mengatur driver WiFi di laptop atau PC Anda menjadi 5 GHz juga, supaya kecepatannya lebih optimal. Ini merupakan salh satu cara menambah kecepatan WiFi TP Link.

6. Memasang WiFi Extender

Cara menambah kecepatan WiFi TP Link yang terakhir adalah dengan menggunakan WiFi Extender. Biasanya dalam satu rumah atau kantor yang menggunakan jaringan WiFi, akan terdapat beberapa ruangan yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan. Biasanya ini terjadi pada ruangan yang terletak di pojok, dan terhalang oleh banyak dinding.

Untuk menyalurkan jaringan ke seluruh sudut ruangan kantor atau rumah, Anda perlu memasang WiFi extender. WiFi extender ini sangat berguna untuk menyalurkan jaringan WiFI ke tempat tempat yang sulit dijangkau. Anda bisa membeli WiFi extender di toko hardware atau di toko toko online yang terpercaya.

Penutup

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang hal – hal yang menyebabkan kecepatan WiFi menurun dan beberapa cara menambah kecepatan WiFI TP Link. Jika Anda mengalami masalah yang sama, cobalah untuk mempraktekkan cara – cara di atas untuk kembali mengoptimalkan dan menstabilkan kecepatan jaringan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.