Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTING! Inilah Cara Cek Keaslian iPhone dan iPad Apple Dengan Mudah

Cara Cek Keaslian iPhone dan iPad Apple Dengan Mudah

Saat ini iPhone dianggap sebagai ponsel yang canggih dan mewah. Bahkan, versi terbarunya selalu dinanti oleh banyak orang. Hal itu dapat dibuktikan dari banyaknya rumor atau bocoran iPhone yang akan dirilis pada website maupun sosial media.

Untuk memastikan iPhone yang kalian beli adalah asli, caranya sangat mudah banget. Kalian cukup hanya membeli iPhone atau iPad di toko Apple Authorized Service seperti Infinite, Story-I, iBox dan lain sebagainya. Semua produk apple yang dijual disana pastilah original bahkan kamu akan mendapatkan garansi. Namun, harganya akan lebih mahal dibandingkan jika membeli di toko lain.

Meskipun demikian, tidak semua iPhone atau iPad yang dijual itu asli. Ada beberapa pihak yang sengaja membuat iPhone palsu dengan menjiplak, meniru, hingga menyontek desain iPhone hingga sangat mirip. Hal itu sangat menguntungkan karena hanya memakai material yang murah dan dijual dengan harga tinggi.

CARA MENGECEK KEASLIAN IPHONE DAN IPAD

Untuk cek keaslian iPhone dan iPad sebenarnya sangatlah mudah, namun diperlukan kejelian karena banyak iPhone palsu atau supercopy yang sangat mirip dengan aslinya dan membuat kita kesulitan membedakan mana yang asli atau palsu jika dilihat sekilas. Berikut cara mengecek keaslian iPhone dan iPad Apple dengan mudah

1. Cek Keaslian iPhone dari Fisik

Untuk mengecek keaslian iPhone dari fisiknya sangatlah sederhana, diantaranya:
  • Tidak memiliki tombol back disebelah tombol home.
  • Kualitas layar jernih dan tajam.
  • Baterai iPhone tidak bisa dilepas (non-removable).
  • Speaker berada dibawah, tepatnya disamping port USB.
  • Terdapat aplikasi App Store, bukan Play Store loh ya. Karena kebanyakan iPhone palsu menggunakan Play Store
Untuk fisik iPhone kedepannya dapat berubah-ubah, jadi cara ini tidak selalu bisa dipakai.

2. Cek Keaslian iPhone lewat IMEI

International Mobile Equipment Identity atau biasa disebut IMEI adalah kode unik yang merupakan identitas dari sebuah perangkat dan berbeda antara satu perangkat dengan perangkat lain. Berikut langkahnya:
  • IMEI iPhone terdapat pada tiga tempat, yaitu pada sistem IOS, box kemasan, dan di area SIM tray. Kalian pastikan IMEI yang tertera pada tiga tempat tersebut sama. 
  • Setelah kalian sudah yakin sama, kalian cek juga di website resmi Apple, yaitu www.apple.com atau bisa juga di situs www.imei.info. Jika setelah dimasukkan IMEI kalian valid dan ada tanda centang hijau, itu menandakan iPhone kalian asli.

3. Cara Mengecek Keaslian iPhone dari iTunes

Untuk melihat keaslian iPhone melalui iTunes, kalian harus punya PC/Laptop yang sudah terinstal iTunes. Berikut langkahnya:
  • Hubungkan iPhone atau iPad kalian ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB.
  • Setelah dihubungkan nantinya iTunes akan mendeteksi secara otomatis. Jika iTunes tidak terbuka secara otomatis, kalian buka iTunes secara manual kemudian iTunes akan mendeteksi iPhone kalian. Akan muncul jenis iPhone yang digunakan, ukuran memori internal, dan informasi lainnya jika iPhone kita asli. Jika tidak terdeteksi apapun, itu berarti keaslian iPhonenya perlu diragukan.

PENUTUP

Nah, itulah beberapa langkah cara mengecek keaslian iPhone dan iPad. Sebelum membeli ponsel apapun, baik Android maupun iPhone pastikan jeli mengecek keasliannya. Kalian harus curiga ketika kalian diiming-imingi dengan harga murah dan tempatnya di toko bukan resmi. Semoga artikel ini bermanfaat ya!