Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Startup dan Masa Depan Startup di Indonesia

Pengertian Startup dan Masa Depan Startup di Indonesia

Barangkali tidak banyak orang mengetahui pengertian dan masa depan startup di Indonesia. Pasalnya, kata startup merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang artinya mengacu pada bisnis yang baru dirintis. Sedangkan startup berdasarkan definisi dari Wikipedia adalah sebuah perusahaan rintisan, yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Di Indonesia sendiri perkembangan dunia internet yang begitu pesat, mendorong bisnis startup semakin banyak bermunculan. Bahkan jumlah startup lokal saat ini telah mencapai ribuan dan jumlah ini bisa dipastikan akan terus bertambah setiap saat.

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI STARTUP

Perusahaan startup merupakan perusahaan yang baru didirikan dan masih berada dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk menemukan pangsa pasar yang tepat. Istilah “startup” ini menjadi populer di masa gelembung dot-com, yang secara internasional merupakan periode saat banyak perusahaan dot-com muncul secara bersamaan. Hal ini  karena pasar yang ada dianggap menjanjikan.

Namun, perlu dipahami jika dalam pengertian startup dan masa depan startup di Indonesia, perusahaan startup yang baru saja dibangun atau dalam masa rintisan ini tidak berlaku untuk semua bidang usaha.

Istilah startup lebih mengacu pada kategori perusahaan bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet. Jenis bisnis startup ini pun beragam. Sebagai contoh, startup perusahaan sistem pembayaran, pengembang aplikasi, jasa transportasi, perdagangan dan masih banyak lagi.

Inilah ciri-ciri perusahaan startup yang perlu diketahui menurut penelitian Sutan Mudo.
  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun.
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang.
  3. Pendapatan kurang dari 100.000 USD/tahun.
  4. Perusahaan masih dalam tahap berkembang.
  5. Beroperasi dalam bidang teknologi.
  6. Produk berupa aplikasi dalam bentuk digital.
  7. Beroperasi secara online.
Nah, setelah membahas tentang pengertian startup dan ciri-cirinya, kini Anda sudah dapat membedakan yang mana bisnis startup dan mana yang bukan.

PERKEMBANGAN DAN MASA DEPAN STARTUP DI INDONESIA

Perkembangan bisnis startup di Indonesia bisa dikatakan cukup bagus dan menggembirakan. Setiap tahun startup baru bermunculan di tanah air, hingga setidaknya terdapat lebih dari 1500 startup lokal hadir di Indonesia. Hal ini tentunya didukung oleh potensi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat. Kondisi ini menyebabkan bisnis startup memiliki potensi yang menguntungkan.

Menurut CEO dailysocial.net, Rama Mamuaya, ada tiga jenis startup yang berkembang di Indonesia, perusahaan rintisan ini pun dibagi lagi ke dalam tiga kelompok, yaitu;
  1. Startup perdagangan, sejenis e-commerce dan startup informasi
  2. Startup pencipta game, dan
  3. Startup aplikasi edukasi
Startup game dan aplikasi edukasi dianggap memiliki pangsa pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini disebabkan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi yang dianggap relatif mudah. Didukung oleh perkembangan perangkat digital dan media sosial yang semakin pesat, pasar untuk mobile game dan social game semakin terbuka.

Startup yang bergerak di bidang aplikasi atau website di bidang e-commerce dan informasi memiliki tantangan yang lebih besar di Indonesia. Hal ini disebabkan masih minimnya pemakaian kartu kredit dari pengguna internet.

Berbicara tentang pengertian startup dan masa depan startup di Indonesia, tak lepas dari era sebelumnya. Sedikit mundur ke belakang, sebenarnya istilah bisnis startup telah ada sejak tahun 90-an. Dimulai dari hadirnya startup lokal yang kini sudah dikenal kesuksesannya yaitu Kaskus. Setelahnya, bisnis startup semakin menjamur di Tanah Air.

Selain Kaskus, beberapa contoh startup lokal lain yang hadir saat ini telah sukses menunjukkan eksistensinya dan cukup populer adalah sebagai berikut:

1. Gojek

Tidak perlu diragukan lagi, nama Gojek sudah lama berkibar di tanah air sebagai salah satu startup sukses di bidang transportasi. GoJek adalah salah satu startup Indonesia yang bergerak di bidang transportasi dan jasa kurir. Startup ini bahkan memiliki pertumbuhan yang sangat pesat, karena sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Saat ini Gojek bahkan sudah mengembangkan usahanya di bidang jasa lain, seperti GoFood, GoShop, GoMart, GoClean, GoMassage, Gofitness, GoGames, GoPulsa, GoBills, GoTix, GoLaundry, dan masih banyak layanan yang akan terus berkembang.

2. Tiket.com

Tiket.com didirikan pada tahun 2011, menjadi sebuah startup yang menyediakan jasa pembelian dan pemesanan tiket. Semua proses pembelian dilakukan dengan mudah secara online. Saat ini tiket.com telah mengembangkan bisnisnya dan akan melebarkan sayap lebih luas hingga ke mancanegara seperti Hongkong, Australia, Cina, dan Malaysia.

3. Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh seorang pemuda, yang sempat menyibukkan dirinya sebagai penjaga warnet, William Tanuwijaya.

Tokopedia secara bertahap eksis sebagai perusahaan startup toko online yang menjual beragam produk.  Sistem pembayaran yang mudah dan keamanan dalam bertransaksi, membuat startup ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Pembayaran dari pembeli tidak akan langsung diterima oleh penjual, melainkan ditampung terlebih dahulu untuk sementara oleh Tokopedia. Setelah produk diterima dengan baik oleh konsumen, penjual baru bisa melakukan pencairan uangnya.

PENUTUP

Nah, itulah penjelasan pengertian startup dan masa depan startup di Indonesia. Tidak dapat dimungkiri, jika semakin banyak pelaku bisnis lain yang mulai melirik dunia startup, akhirnya ikut terjun ke dalam bisnis ini.

Tidak tertutup kemungkinan di masa depan akan bermunculan banyak startup baru di Indonesia.  Kesuksesan startup juga tak luput karena peran serta internet yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern di era milenium saat ini.