Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Penjelasan Tentang Pengertian Hyperlink Beserta Jenisnya

Inilah Penjelasan Tentang Pengertian Hyperlink Beserta Jenisnya

Bagi Anda yang sudah sering membuat website, istilah hyperlink atau pranala memang sudah tidak asing lagi. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman atau awam tentang pembuatan website, mungkin Anda mengalami kesulitan untuk memahaminya. Agar lebih mudah, yuk simak pembahasan berikut ini.

Perlu diketahui bahwa untuk dapat menghubungkan halaman di sebuah website, dibutuhkan alat penghubung yang disebut dengan hyperlink. Tautan ini sering dipakai untuk menunjukkan lokasi dari teks maupun objek yang dipresentasikan. Hyperlink juga bisa dipakai untuk menghubungkan beberapa, file, dokumen, gambar, video, hingga halaman web.

Tautan yang paling sering dipakai adalah yang bisa membawa Anda langsung pada teks tersebut. Selain itu, pranala yang dianggap paling umum yaitu yang bisa langsung membawa Anda pada sebuah gambar.

Selain Hyperlink Anda juga harus mengetahui apa yang dimaksud dengan live link. live link adalah sebuah teks aktif atau link grafik di sebuah halaman web. Mengeklik link ini berarti mengarahkan pengguna pada halaman web lain atau dokumen atau gambar. Live links juga ditempatkan dalam email yang membuat pengguna pesan dapat segera meluncur menuju sebuah website, membuka dokumen maupun gambar yang dilampirkan.

Pengertian Hyperlink

Secara umum, Pengertian Hyperlink sudah dijelaskan di atas, yaitu sebuah teks yang dapat mengarahkan pada tampilan halaman lainnya. Agar lebih jelas, berikut keterangan selengkapnya tentang tautan ini:
  • Jika Anda mengeklik hyperlink pada sebuah website, berarti Anda akan membuka “world wide web atau bisa tertulis www”, yaitu halaman atau dokumen lain yang tertulis pada Hyperlink tersebut. 
  • Dengan tautan ini, pengunjung akan dimudahkan untuk menjelajahi halaman yang ditampilkan di website tersebut. Hyperlink umumnya ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, dan yang paling sering dipakai adalah warna biru.
  • Apabila kursor mouse Anda diarahkan pada hyperlink, maka pada font tersebut akan terdapat garis di bawahnya. Kursor pun akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menunjuk pada link tersebut. Apabila link tersebut pernah Anda akses sebelumnya, maka objek link tersebut berubah warnanya menjadi ungu. 
  • Saat sebuah tautan atau pranala diklik, Anda akan diarahkan menuju ke halaman lain, sehingga fitur ini akan sangat memudahkan Anda dalam membuka data antar-file atau dokumen.
  • Tidak hanya bisa dipasang pada teks, pranala juga bisa ditautkan pada gambar. Apabila gambar diklik maka pengunjung akan dibawa ke tampilan lain dari isi link tersebut.
Dari pengertian hyperlink di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah hyperlink dapat menghubungkan sebuah halaman yang satu dengan halaman lainnya, yang masih terdapat di dalam website tersebut. Selain itu, hyperlink juga dapat menghubungkan sebuah halaman website dengan halaman lain yang terdapat pada website lain.

Jadi, fungsi dari hyperlink adalah untuk dapat memudahkan pembaca menjelajahi berbagai informasi yang terkait dalam sebuah halaman website. Adapun secara teknis, hyperlink adalah sebuah fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang bertujuan memudahkan pengunjung sebuah web menelusuri informasi yang tersimpan dalam website yang dikunjunginya.

Jenis-Jenis Hyperlink

Setelah membahas tentang pengertian hyperlink, Anda juga harus memahami apa saja jenis-jenis dari tautan ini.

1. Absolute Address

Absolute Address merupakan jenis hyperlink yang menggunakan koneksi internet untuk membuat shortcut alamat URL di sebuah situs tertentu. Shortcut ini berbentuk alamat URL sepenuhnya, yaitu meliputi protocol, network location, path, dan nama file.

Jenis hyperlink ini  umumnya digunakan dalam sebuah website untuk menghubungkan halaman satu ke halaman lainnya. Dengan demikian, pengunjung tidak akan berhenti hanya di satu halaman saja. Selain itu, bisa saja hyperlink ini selanjutnya akan  mengarah pada website lainnya.

2. Relative address

Hyperlink relative address hampir menyerupai  absolute address, baik dalam penerapan maupun fungsinya. Kemiripan yang dimiliki termasuk alamat URL yang tercantum merupakan alamat relatif.  Alamat ini hanya berupa path dan nama file saja, tidak menyebutkan protocol serta network location.

3. Link Section

Link section membuat sebuah link ke wilayah “section” tertentu dari sebuah artikel atau dokumen. Link section juga dapat dipergunakan untuk membuat kamus, dengan melakukan hyperlink pada istilah-istilah asing dalam artikel, memakai file yang mampu menjelaskan istilah tersebut.

Perlu diketahui bahwa fitur hyperlink ini tersedia, baik dalam Microsoft Word, Excel, maupun Microsot  Power Point.

Cara Membuat Hyperlink pada Sebuah Lokasi di Website

Lalu bagaimana cara membuat hyperlink ini? Berikut penjelasannya untuk Anda.
  1. Pilih sebuah teks atau gambar yang ingin Anda tampilkan sebagai link tautan.
  2. Pada tombol Insert, klik Hyperlink. Anda juga dapat mengeklik di bagian kanan teks atau gambar, lalu lanjutkan dengan mengeklik Hyperlink pada menu Shortcut.
  3. Dalam kotak Insert Hyperlink, ketik atau salin link Anda  pada kotak alamat.
Selanjutnya berikut ini adalah penjelasan cara membuat hyperlink dalam dokumen yang menggunakan Microsoft Word.

Tambahkan link:
  1. Pilih teks atau objek yang ingin Anda gunakan sebagai tautan.
  2. Klik di sebelah kanan dan klik bagian Hyperlink .
  3. Di bawah Link to, klik  Place in This Document.
  4. Dalam daftar pilih  heading atau bookmark yang ingin Anda hubungkan.

PENUTUP

Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian Hyperlink dan jenis-jenisnya. Setelah mengetahui maksud dan tujuan dibuatnya hyperlink ini, Anda pun dengan mudah dapat memahami serta menggunakannya saat dibutuhkan. Semoga bermanfaat.