Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Perlu Jadi Selebgram, Ini 7 Cara Mendapatkan Endorse di Instagram

Cara Mendapatkan Endorse di Instagram

Siapa yang tidak tertarik jika akun instagramnya mendapatkan endorse dengan nominal bayaran yang menakjubkan? Saat ini hampir semua generasi milenial memiliki akun instagram, beberapa bertujuan untuk mendapatkan endorse. Hal ini merupakan respons atas banyaknya pengiklan dari perusahaan hingga toko online yang memilih mempromosikan produknya di instagram.

Hasil pemasukan dari endorse memang cukup beragam, dari yang hanya senilai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Anda hanya perlu mengunggah online shop atau brand yang dipromosikan ke akun instagram pribadi Anda. Setelah itu, uang pun akan mengalir masuk ke rekening.

Jika Anda ingin bisa mendapatkan passive income dari endorse, tidak perlu harus menjadi seorang selebgram. Seorang selebgram memang memiliki follower dan jumlah like yang banyak. Itu sebabnya ia dipercaya oleh pengiklan untuk mempromosikan produknya. Pasalnya, semakin banyak jumlah followers semakin tinggi bayaran iklannya.

Nah, berikut 7 cara mendapatkan endorse di instagram tanpa menjadi selebgram.

1. Membuat Akun dengan Tema Viral

Jika ingin mudah mendapatkan followers, padahal Anda bukan seorang selebgram, Anda bisa memulai dengan membuat akun dengan tema yang bisa viral. Tema viral yang dapat menarik banyak followers  biasanya terkait dengan akun info, akun lucu, akun komik, dan akun gosip.

Akun info biasanya memberikan banyak informasi penting bagi followers sehingga pemiliknya lebih mudah mendapatkan uang dari Instagram. Akun informasi yang fokus pada suatu daerah mampu menambah followers dalam jumlah banyak bisa mendatangkan banyak endorse dari pengiklan.

Contoh akun info misalnya akun @jktinfo atau @infobdg,  yang melakukan update informasi terkini seputar Jakarta dan Bandung. Tidak hanya info, Anda juga bisa menyisipkan foto pemandangan alam dan tempat wisata. Info yang diberikan terkadang bisa lebih cepat daripada media mainstream, bahkan menjadi rujukan awal media-media tersebut. Followers akun info ini bisa mencapai angka jutaan.

Cara mendapatkan endorse di Instagram selanjutnya adalah melalui akun lucu. Akun lucu lebih bersifat sebagai media hiburan. Akun lucu mampu menyamai, bahkan melebihi akun selebgram, seperti akun @awreceh.id. Untuk akun gosip, akun @lambeturah viral karena sering mengunggah berita gosip yang aktual. Hanya saja harus diperhatikan jika untuk tidak mengunggah hal berbau sara.

Akun komik sangat cocok dibuat oleh seniman komik karena akan mendatangkan lebih banyak followers. Akun @komikazer menampilkan komik kocak sehingga membuat followers terhibur. Pada akhirnya banyak iklan korporasi pun dibuat dengan gaya komik ini.

2. Melakukan Aktivitas yang Bisa Mendekatkan Diri ke Followers

Setelah Anda memiliki akun instagram, Anda perlu melakukan aktivitas yang bisa mendekatkan diri pada followers. Tidak perlu khawatir,  membangun kedekatan dengan followers bukanlah hal yang sulit. Mulailah dengan cara membalas setiap komentar dari mereka.

Setelah itu, Anda bisa mulai membuka diskusi, tag orang atau perusahaan pada postingan Anda, serta membuka acara dengan memberikan giveaway. Aktivitas seru semacam ini bisa menarik brand, toko online, atau perusahaan  untuk memasang iklan dan meng-endorse akun Anda.

3. Memposting secara Berkala

Postingan yang dilakukan secara berkala atau konsisten perlu dilakukan agar para followers tidak melupakan akun Anda. Postingan secara berkala bisa menambah awareness terkait eksistensi Anda di Instagram.

Usahakan akun Anda terlihat aktif dengan secara teratur mengunggah foto yang menarik. Tambahkan juga tips atau quotes agar dapat memberikan motivasi kepada para followers. Dengan demikian, brand atau perusahaan pun akan melirik akun Anda untuk endorse.

4. Membuat Postingan Menarik

Cara mendapatkan endorse di Instagram selanjutnya yaitu dengan membuat postingan menarik, baik itu berupa foto, gambar, atau video. Meskipun hasil jepretan kamera Anda diambil dari smartphone, jika hasilnya bagus tidak masalah.

Yang terpenting setiap kali Anda mengunggah foto dan video, lakukan dengan niat yang sungguh-sungguh. Pengiklan juga dapat melihat keseriusan Anda, mulai dari tema yang diusung, foto yang menarik, termasuk editing video sebelum Anda unggah.

5. Membuat Profil Ciamik

Banyak pemilik akun instagram tidak menyadari bahwa profil ciamik berpengaruh terhadap jumlah endorse yang akan diterima. Jadi, perhatikan apakah profil, nama, dan foto yang Anda pasang menarik dan catchy? Sudahkah Anda mencantumkan nomor yang bisa dihubungi, siapa tahu ada yang ingin meng-endorse Anda?

Namun, Anda harus menjaga profil Anda tetap sesuai aslinya, bukan rekayasa. Jika bosan memakai foto diri, Anda bisa memasang foto bagian tubuh lain, seperti misalnya foto kaki Anda yang sedang berjalan di atas rerumputan. Bahkan saat bergaya salto pun tidak masalah. Hanya saja, jangan coba-coba memasang foto orang  lain yang diedit, lalu diakui sebagai foto Anda.

6. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Cara mendapatkan endorse di Instagram yang mudah lainnya adalah dengan tetap menjadi diri  sendiri saat mengunggah postingan. Hindari bergaya bak seorang artis ibu kota yang terkenal. Pasalnya, banyak pengiklan justru lebih tertarik untuk endorse seorang yang menjadi dirinya sendiri layaknya orang kebanyakan.

Hal ini disebabkan orang yang low profile justru lebih meyakinkan dibandingkan mereka  yang high profile. Anda tidak perlu meniru gaya selebgram, karena itu bukan gaya Anda yang malah membuat orang kurang respek.

7. Memberikan Hal Bermanfaat

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memposting hal-hal yang sekiranya berguna bagi followers Anda. Postingan yang bermanfaat sebetulnya lebih penting dibandingkan jika Anda membagi-bagikan giveaway. Pasalnya, akun Anda akan lebih banyak dilirik bila Anda memposting hal positif seperti quotes, meme, tips-tips, info tempat tertentu, serta hal-hal yang bermakna.

PENUTUP

Nah, itulah 7 cara mendapatkan endorse di Instagram yang bisa Anda terapkan. Jadi, siap untuk update instagram Anda agar dapat mendatangkan pundi-pundi uang dari endorse?